Komitmen Entaskan Kemiskinan

Desa Banding, Kecamatan Bringin

67
GOTONG ROYONG: Pembangunan infrastruktur di Desa Banding. Pembangunan ini dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan ekonomi.
GOTONG ROYONG: Pembangunan infrastruktur di Desa Banding. Pembangunan ini dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan ekonomi.

BRINGIN – Desa Banding kecamatan Bringin memiliki komitmen untuk mengentaskan kemiskinan warga. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa. Beberapa diantaranya adalah dengan membangun sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan perekonomian warga.

Kepala Desa Banding, Sunyoto mengatakan bahwa upaya pembangunan yang sudah dilakukan diantaranya ada pembangunan jalan, talut dan juga jalan pertanian. Pembangunan ini menjadi prioritas karena memang Pemerintah Desa mengutamakan apa yang menjadi kebutuhan warga.

Sunyoto (IST)
Sunyoto (IST)

”Sudah membangun jalan, sehingga dapat dilalui dengan mudah. Otomatis kan memperlancar kegiatan warga sini. Termasuk jalan pertanian, dibangun untuk mengurangi biaya modal para petani,” jelas Sunyoto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain jalan pertanian, sarana lainnya juga tak luput dari perhatian Pemerintah Desa Banding. Dengan sarana dan prasarana yang bagus diharapkan hasil pertanian warga dapat semakin meningkat.

Di samping melalui pembangunan sarpras, pemerintah desa Banding juga mengupayakan pengenatasan kemiskinan melalui BUMDes yang rencananya akan dijalankan di tahun 2018. Beberapa unit usaha yang akan dibidik untuk dijalankan diantaranya ada unit usaha di bidang pertanian, usaha simpan pinjam dan sejumlah usaha lainnya.

”Pertanian memang menjadi yang utama, karena penduduk sini mayoritas memang petani. Sementara untuk yang simpan pinjam itu agar bisa membantu dalam memberikan permodalan usaha ketika BUMDes sudah berjalan dengan lancar,” jelas Sunyoto.

Dikatakan olehnya, saat ini di Desa Banding sudah ada sejumlah usaha yang dijalankan oleh warga. Usaha tersebut diantaranya salah satunya ada pembibitan ikan. Pasokan air yang cukup baik oleh warga Desa Banding dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha pembibitan ikan ini. ”Ikannya itu ada ikan nila, lele. Usaha ini akan kami dorong agar berdampak kepada masyarakat sekitar,” kata Kades yang selalu memperhatikan warganya ini.

Perhatian pemerintah desa kepada warga juga ditunjukkan dengan program bedah rumah dengan menggandeng sejumlah pihak. Bedah rumah ini ditujukan agar masyarakat Desa Banding bisa hidup dalam kondisi yang layak. Terhitung sudah banyak rumah yang direnovasi meskipun masih ada sejumlah rumah yang masih perlu untuk dibedah.

”Sisanya ini masih kita upayakan. Karena dengan rumah yang baik, kehidupan mereka, terutama kesehatan juga terjamin,” kata kades yang berhasil mengentaskan desanya dari BABS di tahun 2017 ini.

Untuk mencapai targenya, yakni kesejahteraan masyarakat, kades Banding akan terus menggandeng semua lembaga, perangkat, dan warga agar dapat bersama-sama bergerak dan berpartisipasi dalam pembangunan di Desa.  ”Harapannya, kami bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Semoga bisa mengurangi kemiskinan di Desa banding,” tandasnya. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here