Guru Kekinian untuk Siswa Zaman Now

109
Oleh: Pudya Saras Ati SPd
Oleh: Pudya Saras Ati SPd

MENJADI siswa zaman now kental dengan istilah tren kekinian. Arus informasi yang sangat pesat menjadikan siswa secara langsung maupun tidak terkena dampaknya. Kondisi ini didukung juga dengan berbagai pilihan fasilitas yang tersedia, sehingga menjadikan cepatnya informasi terbaru yang mengalir dan dapat dikonsumsi. Berbagai lini kehidupan dijadikan tren, begitu pula tren belajar siswa di sekolah.

Tren kekinian tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang mengajar di sekolah, karena harus menyesuaikan kondisi siswa. Menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan tren siswa akan lebih menyenangkan, sehingga meninggalkan kesan kaku dan jadul.

Menyesuaikan disini dimaksudkan pada pendekatan yang dilakukan oleh guru sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, bukan untuk meninggalkan standar yang telah ditentukan. Karena yang diharapakan dari pembelajaran adalah hasil yang maksimal secara kognitif, afektif maupun keterampilan pada siswa.

Terdapat beberapa hal yang perlu dicermati sebagai siswa dan menjadi guru yang diharapkan di zaman sekarang. Pertama, informasi yang begitu gencar dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja, memancing rasa ingin tahu siswa menjadi semakin tinggi. Hal ini menjadikan siswa akan cepat bosan jika mendapati informasi yang sama dan hanya berkutat itu-itu saja.

Mengantisipasi kebosanan ini, guru harus selangkah lebih maju untuk mengetahui informasi. Artinya, guru sebaiknya memiliki informasi yang lebih update terutama yang terkait dengan mata pelajarannya. Jadi, mengembangkan materi bukan hanya bersumber dari buku saja adalah salah satu cara jitu mengatasi kebosanan. Lebih menarik lagi jika guru dapat mengkaitkan antara materi yang ada dengan fakta atau fenomena baru yang terjadi di sekitar lingkungan siswa.

Aktif di Medsos

Kedua, aktif di medsos menjadi syarat wajib menjadi kekinian. Melalui medsos siswa akan menjadi eksis dan mengetahui apa yang menjadi trending topic pada saat itu, sehingga tidak ketinggalan dari teman-temannya. Setiap siswa mungkin akan selalu berlomba menjadi yang ter-update dari teman-temannya. Ketika aktif di medsos, pastilah mereka menjadi melek teknologi dan internet. Maka sebagai guru kekinian adalah menjadi syarat wajibnya juga menjadi melek teknologi, melek internet, serta eksis juga di medsos.

Banyak pendekatan pembelajaran yang menggunakan medsos sebagai medianya. Gunakan juga internet maupun medsos sebagai media pembelajaran maupun media berselancar informasi, sehingga lebih banyak lagi informasi yang dapat dibagi kepada siswa. Jangan sampai kalah dengan anak didik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here