Ajak Anak Tak Takut pada Polisi

Ketika Siswa PAUD Berkenalan dengan Polisi

93
INTERAKSI : Ratusan anak-anak dari PAUD Tunas Kasih Sayang Cacaban Kota Magelang bersama personel Polres Magelang Kota di TK Kemala Bhayangkari 82, Rabu (6/12). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
INTERAKSI : Ratusan anak-anak dari PAUD Tunas Kasih Sayang Cacaban Kota Magelang bersama personel Polres Magelang Kota di TK Kemala Bhayangkari 82, Rabu (6/12). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

Ratusan anak tersebut berasal dari PAUD Tunas Kasih Sayang Cacaban Magelang Tengah yang menyambangi TK Kemala Bhayangkari 82, Rabu (6/12). Anggota Polres Magelang Kota kemudian mendatangi TK Kemala Bhayangkari 82 dan memaparkan tentang tugas-tugas kepolisian.

KEPALA PAUD Tunas Kasih Sayang Cacaban, Khusnul Jariyah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk lebih mengenal sosok polisi dari profesi yang dijalani. Selain itu, kegiatan kunjungan ini juga untuk menggugah kreativitas anak-anak dan mengampanyekan tertib berlalu lintas sejak dini.

Khusnul mengaku cukup terbantu dengan adanya paparan dari anggota Polres Magelang Kota sehingga dapat jadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anak-anak.”Kami berterima kasih kepada kepolisian yang sudah memberi pelajaran penting pada siswa. Kami harap anak-anak dapat mengerti dan memahami arti penting tertib lalu lintas, keselamatan berkendara, juga mengenal tugas kepolisian,” beber Khusnul.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan melalui Kasat Lantas AKP Marwanto mengatakan, kegiatan yang diikuti siswa PAUD ini dalam rangka mendekatkan hubungan anak-anak dengan kepolisian sekaligus mengampanyekan ‘Polisi Sahabat Anak’. Melalui kegiatan ini, menurut Marwanto, anak-anak tidak perlu lagi takut pada polisi yang dulu terkesan seram.

”Begitu pula kami ingin memberi inspirasi pada anak-anak terhadap profesi polisi. Bisa saja ada di antara mereka yang nantinya tertarik menjadi polisi. Kami harap ke depan bisa terlaksana lagi,” kata Marwanto.

Selain mengenal profesi polisi, Marwanto juga menyelipkan tentang peraturan lalu lintas kepada anak-anak.”Harus sejak dini anak-anak diberi pengertian seputar keselamatan berkendara dan tertib berlalu lintas sehingga ketika dewasa nanti sudah memahami betapa penting keselamatan ini,” beber Marwanto.

Sosialisasi tersebut diisi oleh anggota Satlantas dan Sat Binmas Polres Magelang Kota. ”Mereka dikenalkan berbagai rambu lalu lintas, tepuk tangan pelopor keselamatan lalu lintas, keselamatan berkendara, dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat berkendara. Ini penting untuk bekal anak-anak ke depan,” urai Marwanto.

Sementara, Kanit Bintipmas Satbinmas Polres Magelang Kota,Ipda Sumarni menjelaskan, sudah menjadi tugas pokok pihaknya memberi sosialisasi ke masyarakat seputar tugas kepolisian. Salah satunya, kepada anak-anak sejak dini melalui upaya jemput bola.

”Selain merupakan generasi emas, anak-anak juga mudah menerima segala informasi dan pengetahuan yang diberikan, sehingga akan dipraktikkan ketika dewasa nanti,” jelas Sumarni. (cr3/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here