Penjualan Fokus ke Produk Premium

107
Fair Price : Pengunjung menerima penjelasan tentang barang elektronik yang akan dibeli. Konsumen kini lebih kritis dalam memilih produk elektronik. (istimewa)
Fair Price : Pengunjung menerima penjelasan tentang barang elektronik yang akan dibeli. Konsumen kini lebih kritis dalam memilih produk elektronik. (istimewa)

SEMARANG – Penjualan perangkat elektronik dan ponsel pintar (smartphone) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018 tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan rata-rata penjualan mencapai 5 persen.

Sementara itu untuk perangkat elektronik seperti TV ukuran 50 inchi keatas, mesin cuci front loading, lemari es side by side dan pendingin udara (AC) “kesehatan” meningkat signifikan. Menurut Managing Director Superstore Global Elektronik Gouw Andy Siswanto, harga elektronik di semeter II tahun ini relatif stabil, karena kurs rupiah juga stabil.

Menjelang Natal dan Tahun Baru, penjualan produk premium mencapai 60 persen , sedangkan 40 persen produk low end. Peningkatan penjualan produk premium dikarenakan harga saat ini lebih terjangkau.

Selain itu, Global Elektronik sebagai “Authorized Dealer Resmi” Samsung Super Store (SSS) “pertama dan satu-satunya di kota Semarang” mendisplay seluruh produk premium Samsung. Menurut Andy ini juga berpengaruh pada meningkatkan penjualan produk premium Samsung.

Pada awal bulan konsumen banyak membeli perangkat elektronik audio video, digital home appliances, white goods, kitchen appliances, small appliances dan ponsel pintar. Namun menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, konsumen beralih membeli perangkat elektronik premium.

“Banyak masyarakat yang melakukan renovasi rumah jelang Natal dan Tahun Baru, sehingga permintaan elektronik rumah tangga meningkat. Apalagi produk-produk kitchen appliances premium laris manis, “ jelas Andy.

Selama pameran 6-30 Desember 2018, HomeTech ke-36 menggelar program “Fair Price”, diskon 25-70 persen. Buy one get one free, plus gratis 2.000 payung cantik, traveling bag dan handuk exclusive. Potongan harga berupa cashback total Rp 80.000.000 dan hadiah cabutan dari Samsung berupa sepeda gunung dan perangkat elektronik. Pemenang hadiah diumumkan pada hari terakhir pameran (30/12). “Kami juga menggelar gebyar cicilan 12 bulan 0 persen dengan Kartu Kredit BCA plus potongan harga sampai dengan Rp 600.000. Pameran didukung 13 perbankan dan 7 perusahaan multifinance,” kata Harwiyono. (tya/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here