KERJASAMA : Perwakilan UM Magelang dan Hebei Normal University Tiongkok usai penandatanganan nota kesepahaman, akhir pekan lalu. (DOK HUMAS UM MAGELANG)
KERJASAMA : Perwakilan UM Magelang dan Hebei Normal University Tiongkok usai penandatanganan nota kesepahaman, akhir pekan lalu. (DOK HUMAS UM MAGELANG)

MUNGKID—Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang terus melakukan peningkatan kerjasama luar negeri. Terbaru universitas terbesar di Magelang ini menjalin kerjasama dengan Hebei Normal University dari Tiongkok. Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani di Hotel Patra Jasa Semarang, Sabtu (2/12) malam.

Hadir dalam acara ini, Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT didampingi Kepala Biro Marketing dan Kerjasama (BMKS) UM Magelang Dr Imron MA. Penandatanganan MoU dilakukan antara Ir Eko Muh Widodo MT dan Prof Zhao JinGuang PhD. Dalam MoU disebutkan bahwa kerjasama yang akan dilakukan antara lain di bidang penelitian, penulisan jurnal, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta kegiatan berupa workshop dan seminar, disamping kegiatan pendukung lainnya.

“Melalui MoU tersebut diharapkan UM Magelang dapat memperluas jaringan kerjasamanya baik dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Eko usai penandatanganan MoU. Acara yang difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Wilayah 6 Jawa Tengah itu juga dihadiri perwakilan beberapa PTS lain yang tergabung dalam Aptisi Wilayah 6 Jawa Tengah.

Bagi UM Magelang, menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri bukan hal baru. Sebelumnya UM Magelang telah berkali-kali menjalin kerjasama dengan PT di beberapa negara ASEAN dan Eropa. Selain itu, beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik juga telah menjalin kerjasama dengan PT di Jepang, India, dan Italia. Demikian juga dengan Fikes yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa PT di Thailand dan Filipina. Serta FKIP yang menjalin kerjasama dengan beberapa PT di negara ASEAN seperti Malaysia. (vie/sct/ton)