BERI MOTIVASI : Rico Ceper (kanan) ketika menjadi narasumber dalam talkshow Find Your Passion di UKSW belum lama ini. (IST)
BERI MOTIVASI : Rico Ceper (kanan) ketika menjadi narasumber dalam talkshow Find Your Passion di UKSW belum lama ini. (IST)

SALATIGA – Empat sosok inspiratif hadir dalam talkshow Eagle Goes to Campus dengan tema “Find Your Passion” di balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) belum lama ini.

Keempatnya adalah artis dan presenter Rico Ceper, penakluk Rinjani 100 km Suparmin, pebulutangkis Luluk Hadiyanto serta CEO Eagle Ok Kim. Mereka

berbagi pengalaman dalam usaha menemukan passion serta menjalani kehidupan berdasarkan passion yang dimiliki.

Menurut Rico Ceper yang bernama asli M. Rinko Safinka ini, passion lah yang membawanya ke dunia entertainment seperti sekarang. Rico yang bergelar sarjana ekonomi merasa bahwa dirinya sangat tertarik untuk tampil di hadapan banyak orang sejak kecil. Namun menurut Rico pendidikan sangat penting dalam mendukung passion.

“Pendidikan itu penting untuk passion. Apabila kalian tahu beberapa komedian di TV seperti Cak Lontong, Raditya Dika, serta anggota Project Pop, semua adalah orang-orang sukses di bidangnya tetapi gemar sekali membaca buku. Maka, untuk mewujudkan hobi dan passion perlu dibarengi dengan pendidikan yang mumpuni,” ucapnya di hadapan 1.300 mahasiswa dari berbagai fakultas.

Senada dengan Rico, Suparmin, satu dari dua pelari Indonesia yang mampu menaklukkan trek gunung Rinjani sepanjang 100 km merasa bahwa dirinya tidak bisa lepas dari passion-nya. Sejak kecil Suparmin menyukai dunia olahraga, namun baru kali ini dirinya dapat aktif sebagai olahragawan. Masa kecilnya dihabiskan untuk belajar serta bekerja untuk membantu orang tua membiayai sekolah. Kini Suparmin yang bekerja sebagai auditor menggunakan waktu senggangnya untuk menjadi atlet lari. “Kalian harus jadi orang yang berani ambil risiko untuk tujuan terbaik yang bisa kalian raih,” tegas Suparmin.

Pemain bulutangkis ganda putra nomor satu dunia tahun 2004 Luluk Hadiyanto juga mengatakan setiap orang perlu untuk memiliki pendidikan yang baik. Dua hal di Indonesia yang masih harus dibangun menurut Luluk adalah pendidikan serta olahraga. Hal itulah yang kini menjadi mimpinya. Sementara itu dalam talkshow ini CEO Eagle Ok Kim mendorong mahasiswa untuk selalu berjuang dalam hidup. (sas/lis)