Komplotan Pencuri Lintas Kota Dibekuk

213
DISITA: Barang bukti yang disita dari komplotan pencuri lintas provinsi yang dibekuk Tim Opsnal Reskrim Polres Magelang. (DOK HUMAS POLRES MAGELANG)
DISITA: Barang bukti yang disita dari komplotan pencuri lintas provinsi yang dibekuk Tim Opsnal Reskrim Polres Magelang. (DOK HUMAS POLRES MAGELANG)

MAGELANG—Tim Opsnal Reskrim Polres Magelang yang diback up Tim Unit 1 Jatanras Polda Metro Jaya, berhasil menciduk komplotan pencuri lintas kota lintas provinsi. Tersangka berinisial UJ, 46, warga Tangerang dan RY, 31, warga Kalideres.

Kepala Sub-Bagian Humas Polres Magelang, AKP Santosa mewakili Kapolres AKBP Hari Purnomo menyampaikan, tersangka ditangkap atas dasar laporan korban Risdiyanto, 37, warga Dusun Tegalarum, Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Toko handphone korban di Jalan Pakelsari, Mertoyudan, dibobol oleh pelaku pada 12 Oktober 2017.

Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), modus pelaku masuk ke dalam toko dengan cara membobol tembok belakang toko. Pelaku dengan mudah mencuri puluhan handphone baru dan HP yang sedang di servis. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta. Tersangka UJ ditangkap di rumah kosnya di daerah Tangerang pada 27 November pukul 02.00. Sedangkan tersangka RY diringkus saat berada di Terminal Kalideres.

Dua orang yang dicurigai sebagai penadah hasil kejahatan keduanya juga digulung. Yakni, AFU, 34, warga Larangan, Tangerang. Dia ditangkap di tokonya di daerah Stasiun Kebayoran Baru, Jakarta, pada Rabu (28/11). Satu lagi, Am, ditangkap di Terminal Rengkasbitung, Lebak, Banten.

Bersama penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti. Di antaranya, 1 unit bor, 10 mata bor, 3 HP, baju dan celana para tersangka. Barang bukti lainnya, 4 linggis, 1 karung plastik, dan 1 tas warna hitam.

Hasil pemeriksaan, komplotan ini pernah melakukan kejahatan serupa di beberapa daerah. Di antaranya Kebumen, Kuningan Jawa Barat, Indramayu, Madiun, dan Cibinong, Bogor. Hasil kejahatan mencapai ratusan juta. Keempat tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polres Magelang. (jpg/isk)