Bupati: FKUB Penting untuk Wadah Satukan Perbedaan

292
RESMI BERTUGAS: Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat melantik pengurus FKUB Kabupaten Wonosobo. (IST)
RESMI BERTUGAS: Bupati Wonosobo Eko Purnomo saat melantik pengurus FKUB Kabupaten Wonosobo. (IST)

WONOSOBO—Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonosobo, Senin (4/12) kemarin pukul 9.30, dikukuhkan oleh Bupati Eko Purnomo di Pendopo. Mereka merupakan kepengurusan masa bhakti 2018–2023.

Ketua FKUB periode baru, Zaenal Sukawi, mengatakan, masyarakat Wonosobo tentu menginginkan kedamaian dan suasana kondusif di wilayah mereka. “Ini merupakan salah satu tugas mulia FKUB.” Untuk itu, sesuatu yang berpotensi mengganggu kerukunan antarumat, harus segera sikapi dengan benar.

“Riak kecil di masyarakat secepatnya bisa teratasi. Jangan sampai menunda riak-riak kecil itu. Ditunda sejam-dua jam, sehari, sampai seminggu, justru akan menjadi bom waktu yang akan membahayakan bagi Wonosobo.”

Bupati Eko Purnomo dalam sambutannya mengatakan, peran strategis Forum Kerukunan Umat Beragama menjadi sangat penting, sebagai wadah dan tempat di mana perbedaan-perbedaan yang ada dipertemukan, dikomunikasikan, serta dipersatukan. “Tanpa harus saling meniadakan satu dengan yang lain, sekaligus menjadi pilar bagi kokohnya bangunan Bhinneka Tunggal Ika.” (ali/isk)