Pola Asuh Orangtua Pengaruhi Sikap Anak

228
Oleh: Dra Muztahidah
Oleh: Dra Muztahidah

KELUARGA merupakan lingkungan yang pertama dan utama untuk kehidupan sosial anak. Sebab, keluarga merupakan lingkungan yang kali pertama bagi anak dalam mengenal nilai nilai hidup, baik buruk, benar salah, dan masih banyak lagi. Melalui keluarga akan tertanam nilai-nilai luhur yang diawali dari sikap (attitude), norma keluarga, dan kesepakatan keluarga. Lalu bagaimana nilai interaksi keluarga bisa mempengaruhi bentuk interaksi di sekolah?

Di lingkungan keluarga, anak kali pertama mengenal dan mendapatkan norma – norma untuk hidup bersama orang lain. Sehingga secara informal anak mendapat bekal untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Pendidikan keluarga merupakan fundamental atau dasar dari pendidikan anak selanjutnya. Hasil pendidikan anak di keluarga menentukan pendidikan anak di kemudian hari, baik di sekolah maupun masyarakat.

Untuk itu diperlukan strategi cara mendidik anak. Cara mendidik merupakan kemampuan yang dimiliki oleh pimpinan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada anak – anak dalam pertumbuhannya (jasmani dan rohani ) agar berguna bagi diri sendiri dan masyarakat. Melalui pola suh dan pendidikan tersebut, minimal anak memiliki kemampuan bina diri yang bagus.

Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa cara mendidik adalah bentuk kesempatan yang diberikan pendidik kepada anak didik agar tercapai tujuan pendidikan dalam keluarga. Memang kebanyakan orang masih menganggap ringan dan mudah mengenai hal mendidik. Kebanyakan orang tua, mendidik anak – anaknya berdasarkan pengalaman – pengalaman praktiknya (empiriknya) saja. Mereka banyak meniru perbuatan nenek moyang yang belum tentu benar dan baik. Mereka beranggapan bahwa kepandaian mendidik itu sudah dengan sendirinya dimiliki oleh setiap orang dari pengalamannya dengan anak- anak mereka. Pada setiap situasi secara tidak sadar mereka merasa mendapat sikap dan tindakan yang tepat dan tidak menyelidiki hal mendidik secara ilmu pengetahuan jadi hanya sebatas teori saja.

Prinsip Mendidik

Prinsip mendidik pada orangtua merupakan ketentuan pokok yang harus kita taati dalam kegiatan mendidik. Prinsip mendidik tersebut, yakni orangtua dalam hal mendidik anak harus meliputi kebutuhan jasmani dan rohani anak, sehingga perkembangannnya dapat berjalan secara seimbang dan anak selanjutnya dapat menyesuaikan diri dan lingkungan dengan baik.

Perkembangan anak berdasarkan bakat dan pengalaman dari luar pendidikan.Untuk merealisasikan bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh anak sangat diperlukan pengalaman dari luar diri anak, baik dari keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, maka peranan orangtua bisa diwujudkan dalam memberi kasih sayang dan kebebasan berindak sesuai dengan usia anak sehingga dapat berkembang secara maksimal, memberi dukungan pada anak untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari, serta memperhatikan sikap dan tingkah lakunya dalam mencapai kedewasaan.

Untuk itu, cara yang dipakai orangtua dalam mendidik anaknya sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak-anaknya. Cara-cara tersebut antara lain: pertama, mendidik otokrasi yang merupakan wujud keinginan orangtua menentukan terhadap anaknya. Dalam kegiatan ini, kepatuhan anak terhadap orangtua mutlak diperlukan.

Kedua, cara mendidik demokratis. Anak boleh mengembangkan pendidikan sendiri dan mengambil keputusannya. Akan tetapi masih memerlukan pengawasan dalam hal mengambil keputusan terakhir bia diperlukan persetujuan orangtua.

Silakan beri komentar.