PAPARAN : Calon Presiden BEM Unisbank menjelaskan visi dan misi sebelum dilakukan pemilihan umum. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PAPARAN : Calon Presiden BEM Unisbank menjelaskan visi dan misi sebelum dilakukan pemilihan umum. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Proses pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang digelar dengan cara yang berbeda. Pesta demokrasi di kampus yang digelar Komisi Pemilihan Umum-Kampus Unisbank (KPU-KU) dilakukan dengan sistem online agar terhindar dari pemilih ganda.

Anggota KPU-KU, Satria Widodo menuturkan, proses pemilihan Presiden BEM Unisbank dilakukan sistem pemungutan suara melalui online dengan menggunakan program Smart Campus. Yakni setiap mahasiswa Unisbank mempunyai hak untuk login dengan nomor induk mahasiswa dan password masing masing. “Periode pemilihan kali ini, menggunakan sistem online dan diikuti ribuan mahasiswa Unisbank dari berbagai fakultas. Dengan sistem online lebih paperless dan irit biaya,” katanya.

Selain lebih mudah dan menekan biaya,lanjut dia dengan sistem online mencegah adanya kecurangan. Pasalnya selain mahasiswa Unisbank pastinya tidak dapat mempunyai hak pilih karena harus login terlebih dahulu. “Selain itu tidak mungkin juga mahasiswa menyalahgunakan atau memilih dua kali,” jelasnya.

Kepala Humas Unisbank, Sukarman menerangkan pemilihan Presiden BEM sengaja dilakukan mirip dengan Pemilu karena memiliki tujuan mengajak mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya dan bisa mengetahui proses pemilihan umum yang demokratis.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai sarana pembelajaran pemilihan pemimpin dengan menggunakan hak suara. Apalagi banyak dari mahasiswa yang nantinya akan mempunyai hak pilih pada Pemilukada tahun 2018 mendatang,” katanya.

Sebelumnya calon presiden BEM yang maju melakukan kegiatan kampanye, melakukan orasi hingga pemaparan visi dan misi. “Goal nya agar mereka mau berdemokrasi dan menggunakan hak pilih, yang terpenting adalah bisa menjadi pemilih yang cerdas,” tambahnya. (den/ric)