Dua Parpol Serahkan Berkas Kekurangan

286

MAGELANG – Dua partai politik, yakni Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Garuda yang sebelumnya tidak memenuhi syarat keanggotaan, akhirnya menyerahkan berkas kekurangan administrasi keanggotan parpol kepada KPU Kota Magelang akhir November lalu. Saat ini KPU masih menyelesaikan verifikasi hingga 11 Desember mendatang.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, Minggu (3/12) kemarin menjelaskan, kedua partai tersebut telah menyerahkan berkas administrasi keanggotaan pada 28 November lalu. Sebelumnya kedua partai tersebut tidak memenuhi syarat karena masih kurang sesuai jumlah minimal.

“Sebelumnya PSI kurang 30 keanggotaan dan kini sudah lengkap. Kemudian Partai Garuda kurang 9 dan sudah dilengkapi juga. Seluruh parpol minimal harus menyerahkan berkas keanggotaan parpol di Kota Magelang minimal 129 anggota,” jelas Basmar.

Basmar menjelaskan, kedua parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebelumnya dikarenakan berkas anggota yang diserahkan kepada KPU ternyata ganda. Dalam artian, menurut Basmar, ditemukan adanya KTP dan KTA parpol lebih dari satu.

“Setelah kami verifikasi ternyata ada ganda keanggotaan parpol. Dari 14 parpol yang ada, dua partai yaitu PSI dan Garuda tidak memenuhi syarat. Namun setelah kami verifikasi, Partai Demokrat, Partai Hanura dan PKB juga ada berkas keanggotaan yang tidak memenuhi syarat,” papar Basmar.

Namun khusus 3 partai tersebut, menurut Basmar, tetap lolos verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat. Sebab, ketiga partai tersebut berkas keanggotaan telah melebihi syarat minimal. Rinciannya menurut Basmar, Partai Demokrat ada 21 keanggotaan, PKB 2 keanggotaan, dan Partai Hanura 1 keanggotaan. “Kesemuanya sudah melebihi syarat minimal. Jadi misal tidak menyerahkan perbaikan tidak apa-apa,” pungkas Basmar.

Saat ini, KPU Kota Magelang, menurut Basmar, masih melakukan verifikasi berkas terhadap dua parpol baru hingga 11 Desember mendatang. “Saat ini KPU melakukan penelitian hasil perbaikan sampai dengan 11 Desember. Kemudian penyampaian hasil penelitian perbaikan tanggal 12 -15 Desember mendatang,” tandas Basmar. (cr3/lis)