Granton Akui Hanya 30 Persen ke YSKAI

1562

SEMARANG – Legal Manager PT. Granton Marketing, Sara Ayu Jecita angkat bicara terkait pemberitaan modus voucher donasi sosial untuk anak penderita kanker (charity) yang sudah dimuat Koran ini beberapa waktu lalu, yang dilakukan anak perusahaannya D’Rocks Advertising, yang  berkantor di Ruko Perumahan Graha Padma, Jl. Padma Boulevard AA2, nomor 2, Semarang Barat, Kota Semarang.

Sara menyatakan, alokasi uang donasi yang yang digalang oleh perusahaanya sebagai perusahaan advertising semuanya sudah diberikan ke Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonesia (YSKAI). Namun demikian diakuinya besarnya alokasi dana yang diberikan untuk YSKAI memang hanya sebesar 30 persen bukan seluruhnya, dan semuanya sudah secara jelas tercantum dalam buku voucher tersebut. Pihaknya juga nenegaskan, bahwa perusahaanya tidak pernah melakukan penipuan, sehingga semua informasi terkait penipuan di media sosial tidak benar.

“Kalau mengenai aliran dana yang menurut pemberitaan hanya terpusat ke Jakarta, hal tersebut sepenuhnya merupakan kebijaksanaan YSKAI, karena memang kami kirimkan ke kantor pusatnya di Jakarta, mengenai penyebaran uang sepenuhnya hak mereka (YSKAI,red),” kata Sara sekaligus memperkuat klarifikasinya, yang diterima Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (1/12).

Sara juga mengirimkan gambar bukti transfer uang Rp 11.460 juta, yang sudah dikirim kantornya ke YSKAI. Adapun tujuan nomor rekeningnya adalah BCA, yang dikirim pada 30 November 2017 lalu, dengan alamat kantor YSKAI, Jalan Jenderal Sudirman 86 Jakarta. Ia juga memperlihatkan bahwa logo perusahaanya sudah diposting di website YSKAI.

Sementara itu, saat koran ini menghubungi YSKAI, sesuai nomor yang tertera di website www.sentuhankasih.com/id/tentang-yskai, dengan nomor 082129305674 dan 0816740242 tidak ada jawaban, jawaban dari operator menyebutkan kalau nomor tersebut tidak bisa dihubungi. Sama halnya dengan nomor pihak YSKAI yang diberikan Sara di 0215739060, hingga 3 kali ditelepon Koran ini, sama sekali tidak ada jawaban maupun balasan.

Sara juga mengaku, kalau Yosep adalah karyawan di perusahaanya, ia juga membenarkan Yosep pernah dihubungi Koran ini terkait pemberitaan modus tersebut. Sebelumnya, Yosep dari Granton Original Promotion mengakui terkait projek penjualan voucher tersebut. Ia menyatakan hasilnya donasi voucher memang akan disumbangkan ke YSKAI sebesar 30 persen dari setiap 1 voucher donasi yang didapat.

Menurutnya voucer tersebut sebagai bentuk ucapan terimakasih dan valid bisa digunakan. Ia juga mengaku bekerjasama dengan D’Rocks Advertising Semarang.“Apabila ingin langsung donasi ke yayasannya juga bisa, kami sumbangkan 30 persen dari 1 voucher yang didapat orang lapangan,”kata Yosep singkat sebelumnya.

Sementara itu, dari hasil penelusuran lapangan yang dilakukan Koran ini sebelumnya, pertama kali dilakukan dengan cara membuntuti aktifitas penjualan voucher tersebut, yang dilakukan karyawan D’Rock Advertising bagian lapangan bernama Rizal dan dua rekannya yang berpakaian parlente di seputar Citra Land (CL) Semarang.

Kemudian koran ini mencoba membeli voucher tersebut, setelah sempat diterangkan terkait donasi yang diminta, diterangkan oleh Rizal dan timnya bahwa mereka mencari donasi untuk anak-anak kanker di Jakarta, nantinya apabila mendonasi Rp 100ribu akan diberi voucher sebanyak 5 dari berbagai perusahaan, voucher itu disatukan dalam satu klip, seperti buku saku.

Disampulnya tertera dari Yayasan Sentuhan Kasih Anak Indonbesia (YSKAI) kemudian berlogo A Granton Original Promotion, lengkap dengan alamat yang bisa dihubungi. Sedangkan voucher itu bisa digunakan untuk Strada Coffee, Allegria, Garden Distro Life Tree, Diamod Beauty Clinic, dan Clean and Go. Bahkan dalam satu voucher perusaan itu ada berbagai diskon yang ditawarkan. (jks/bas)