Komisi C Usulkan JPO Baru

356

SEMARANG –  Sejumlah ruas jalan utama semakin ramai. Lalu lalang kendaraan makin padat. Untuk itu Komisi C DPRD Kota Semarang mengusulkan pembangunan jembatan penyebrangan orang (JPO) baru di sejumlah lokasi.

Usulan ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Komisi C DPRD Kota Semarang yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi C, Wachid Nurmiyanto. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Komisi C Kadarlusman, anggota Komisi C diantaranya Giyanto, Suciati, R Yuwanto, Sodri dan lain sebagainya. 

Rapat komisi C DPRD Kota Semarang mengagendakan FGD membahas kajian tentang JPO di Kota Semarang dan kajian pengawasan terhadap pembuatan, penyediaan, peredaran dan pemakaian obat hewan.

Dalam paparannya dari konsultan mengemukakan terkait kendala yang terjadi di lapangan, diantaranya lokasi JPO, alih fungsi JPO, kondisi fisik dan konstruksi yang tidak lagi berfungsi sebagai mana JPO yang semestinya.

Rekomendasi terkait hal ini adalah usulan pembangunan JPO baru di beberapa titik di Kota Semarang dan inventarisasi JPO yang sudah ada. Supaya dapat diterapkan standarisasi dari fasilitas JPO yang dibangun, baik dari kemiringan, lebar, dan tinggi bangunan JPO.

Anggota Komisi C, Giyanto juga merekomendasikan supaya baliho atau reklame ikan yang terpasang di JPO haruslah iklan atau pengumuman yang mendidik dan sesuai dengan lokasi tempat JPO berada.

Agenda kedua FGD membahas terkait kajian pengawasan terhadap pembuatan, penyediaan, peredaran dan pemakaian obat hewan. Wachid Nurmiyanto memberikan masukan untuk melakukan survei dan pendataan tentang jumlah toko/pengecer.

Selain itu terkait, jumlah dan jenis obat serta statusnya mengenai obat hewan yang selama ini beredar di Semarang. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui, diawasi peredaran dan pemakaian obat hewan baik yang produksi nasional maupun yang import sehingga tidak berdampak buruk untuk hewan, masyarakat dan lingkunganya. (*/zal)