Bekas Pasar Darurat akan Dibeli Pemkab

205

“Untuk keperluan membeli lahan bekas pasar darurat, lantas dialokasikan anggaran di APBD 2018 senilai kurang lebih Rp 8,27 miliar.”

 Slamet Eko Wantoro Sekretaris Badan Anggaran DPRD Temanggung

TEMANGGUNG – Pemkab Temanggung akan membeli tanah sawah milik warga di sekitar lapangan Mister Room Parakan. Areal sawah dan lapangan tersebut dulu digunakan untuk lahan pasar darurat pedagang Pasar Legi Parakan.

Semula lahan bekas pasar darurat milik warga itu, hanya akan direklamasi kemudian dikembalikan lagi sebagai areal persawahan. Namun, ketika anggaran untuk reklamasi itu diusulkan dalam pembahasan RAPBD 2018, tim anggaran pemerintah daerah justru memutuskan untuk membeli lahan tersebut.

Sekretaris Badan Anggaran DPRD Temanggung, Slamet Eko Wantoro mengatakan, wacana pembelian lahan milik sejumlah warga di sekitar lapangan Mister Room bekas pasar darurat tersebut, telah muncul saat pembahasan RAPBD di tingkat komisi-komisi DPRD.

“Usulan pengalokasian anggaran untuk keperluan reklamasi bekas pasar darurat pada RAPBD 2018 tersebut pembahasannya semula dilakukan di Komisi B DPRD. Saat pembahasan itulah, muncul wacana untuk membeli lahannya, dan bukan melakukan reklamasi seperti diusulkan,”jelasnya.

Wacana pembelian lahan tersebut kemudian berlanjut ketika pembahasan RAPBD 2018 diteruskan ke tingkat Badan Anggaran DPRD, usai pembahasan di komisi-komisi selesai. Pada pembahasan di Badan Anggaran DPRD itulah, akhirnya tim anggaran daerah memutuskan untuk membelinya.

“Untuk keperluan membeli lahan bekas pasar darurat, lantas dialokasikan anggaran di APBD 2018 senilai kurang lebih Rp 8,27 miliar. Kalau semula, anggaran yang diusulkan untuk keperluan reklamasi lahan sekitar Rp 1,7 miliar,”tuturnya.

Slamet mengatakan, pertimbangan untuk membeli areal bekas pasar darurat itu, antara lain karena Pemkab memerlukan lahan untuk pembangunan dan pengembangan kota Parakan. Misalnya, untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), atau pengembangan sarana olahraga di kota setempat.

“Bisa jadi, di waktu-waktu mendatang, ada kebutuhan untuk membangun stadion di Parakan. Karena saat ini hanya terdapat satu stadion di Temanggung. Sehingga, lapangan Mister Room yang merupakan aset Pemkab dan lahan di sekitar yang akan dibeli tersebut, dapat dikembangkan untuk stadion itu,” tuturnya.

Reklamasi lahan setelah selesai dipakai untuk pasar darurat dikembalikan lagi sebagai areal persawahan tersebut merupakan kesepakatan dahulu antara pemkab dengan para pemiliknya. (lis)