Perbankan Siapkan Digital Loan

209

SEMARANG – PT Bank BNI mulai mengembangkan produk digital loan. Hal ini sebagai salah satu terobosan dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Head of Consumer Banking PT Bank BNI, Bambang Kusumadi mengatakan, praktis dan cepat merupakan salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi dan informasi, khususnya internet. Dunia perbankan pun tidak boleh ketinggalan memanfaatkan perkembangan tersebut, khususnya dalam menggaet generasi milenial. “Kami pun mulai menyiapkan beberapa produk, salah satunya digital loan,” ujarnya dalam Forum Bisnis Dampak Fintech dalam Dunia Bisnis, baru-baru ini.

Kehadiran digital loan ini memungkinkan calon peminjam untuk mengajukan kredit tanpa harus bertatap muka dengan pihak perbankan. Cukup membuka website bank yang dituju dan mengisi formulir dalam fasilitas digital loan yang disediakan dalam website tersebut.

“Dalam jangka waktu tertentu, pengajuan kredit ini akan diproses. Meski pengajuan via internet, namun untuk melihat kondisi usaha calon peminjam, pihak kami tetap akan memproses dengan mendatangi langsung,” ujarnya.

Selain digital loan, pihaknya juga merambah sisi pembayaran secara online. Yaitu dengan bekerjasama dengan sejumlah e-commerce dan beberapa fintech. Sektor ini juga dinilai cukup potensial, karena hampir 43 persen fintech berada di segmen ini.

“Sekarang ada yang namanya isi wallet atau pembayaran online, seperti dokuku dan gopay. Perbankan memfasilitasi isi ulang dompet-dompet untuk pembayaran online tersebut melalui berbagai channel kami baik SMS maupun internet banking,” ujarnya.

Dengan kemudahan ini, segmen-segmen tertentu, khususnya anak-anak muda yang membutuhkan kepraktisan dan kecepatan dalam bertransaksi tentu akan membuka rekening. “Selain transaksi yang bertambah, nasabah pun bertambah,” ujarnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here