Minta Warga Cek Instalasi Listrik

400

KEBUMEN-Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Kebumen meminta masyarakat mengontrol  instalasi listrik secara berkala. Sebab, kebakaran yang marak terjadi di Kebumen, kerap disebabkan akibat hubungan arus pendek (korsleting). Juga lantaran factor instalasi yang telah tua, sehingga menyebabkan terjadinya  perubahan tegangan.

Koordinator Pemeriksa Konsuil Kebumen, Dwi Haryanto Setyawan menyampaikan,  instalasi listrik perlu dikontrol untuk mengetahui apakah yang terpasang masih standar atau tidak. “Pengecekan sebaiknya dilakukan oleh petugas yang  berpengalaman.”

Pemeriksaan, sambung Haryanto,   penting untuk instalasi listrik yang terpasang lebih dari 15 tahun. Sebab, usia instalasi dan gangguan lainnya bisa menjadi pemicu adanya kerusakan. Contohnya, jika kabel terkelupas dan saling bersentuhan, maka menyebabkan percikan api yang memicu terjadinya kebakaran.  Dikatakan,  biaya pengecekan tergolong murah, jika dibandingkan dengan risiko yang mungkin mengancam. “Setelah dicek dan instalasi listrik dinyatakan standar, maka akan mendapatkan sertifikat.” (jpg/isk)