SEKALIGUS PAMITAN: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo memberikan sembako kepada sejumlah penyapu jalan di halaman Mapolres Temanggung, kemarin. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
SEKALIGUS PAMITAN: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo memberikan sembako kepada sejumlah penyapu jalan di halaman Mapolres Temanggung, kemarin. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

TEMANGGUNG—Banyak cara dilakukan untuk memberikan reward kepada tukang sapu yang setiap hari membersihkan sampah di lingkungan kota Temanggung. Seperti yang dilakukan Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo.

Orang nomor satu di jajaran Polres Temanggung itu, kemarin, mengundang empat tukang sapu yang dinilai berdedikasi tinggi untuk diberikan reward berupa tali asih (sembako). Empat orang itu adalah Rosidun, Sudibyo, Jarwiyah, dan Ngatrimah.

AKBP Maesa menuturkan, awal keinginannya memberikan reward kepada tukang sapu jalan, saat dirinya rutin lari pagi setelah salat Subuh. Ia selalu melihat tukang sapu yang tengah membersihkan jalanan yang penuh sampah di wilayah kota.

“Melihat semangat dan keikhlasan tukang sapu, pagi ini (kemarin, red) mereka kita hadirkan di Mapolres untuk kita beri reward. Mereka merupakan pahlawan lingkungan yang patut kita apresiasi. Semoga bisa memicu semangat mereka dalam menjalankan tugas untuk ke depannya,” ucap Maesa.

Maesa melanjutkan, apa yang dilakukannya, sekaligus memberikan contoh kepada anggota Polri di jajaran Polres Temanggung untuk selalu peduli kepada sesama. “Memberikan reward tidak harus kasih uang, namun sesuai dengan kemampuan kita.”

Selain memberikan reward kepada tukang sapu jalan, Maesa juga menyerahkan sembako kepada puluhan warga kurang mampu dan yang tengah sakit di empat kecamatan. Yakni: Temanggung, Tretep, Bejen dan Kedu.

“Kegiatan ini spontanitas, mengingat saya tidak kurang dari dua minggu lagi berada di Polres Temanggung, selanjutnya mendapat amanah untuk memimpin di Polres Demak.” Ngatrimah, 47, salah satu tukang sapi merasa dihargai dan diperhatikan oleh petugas kepolisian, khususnya Kapolres Temanggung. (san/isk)