Suka Kegiatan Menantang

135
Seffyana Wismarini. (ISTIMEWA)
Seffyana Wismarini. (ISTIMEWA)

BERAGAM aktivitas luar ruangan yang cukup menantang, menjadi hobi Seffyana Wismarini. Berbagai kegiatan tersebut dinilainya memberikan banyak manfaat. “Sejak kuliah saya suka mendaki gunung, beberapa tahun belakangan tambah lagi arung jeram,” ujar perempuan yang akrab disapa Seffy.

Mendaki gunung maupun arung jeram menurutnya dua dari sekian kegiatan luar ruangan yang mampu memantik diri untuk lebih mendekat pada Sang Maha Pencipta. Bisa tambah bersyukur dan mengagumi berbagai ciptaan-Nya.

“Indah sekali, manakala kita melihat alam yang masih asri. Dari situ kita belajar untuk menjaga dan tidak merusak. Termasuk saat arung rejam. Apa enaknya kalau mengarungi sungai dengan air yang penuh sampah. Karena itu, kita belajar menjaganya,” ujar alumnus Teknik Sipil, Universitas Pattimura (Unpati) ini.

Berbagai filosofi juga banyak dipetik dari kegiatan yang kini sedang banyak digemari. Di antaranya saat berada di puncak, tak hanya pemandangan indah yang didapat, namun segala sesuatu di bawah terlihat kecil.

“Begitu juga ketika kita di mata Tuhan. Selain itu, meskipun telah sampai di puncak, toh kita juga akan turun lagi. Jadi sebagai manusia tak perlulah kita congkak,” ujarnya tour planner di perusahaan Layanan Bisnis Tour & Travel Darmawisata Indonesia yang kerap singgah di Semarang ini.

Namun begitu, ia menggarisbawahi bahwa menjalani hobinya tersebut bukan sekedar mengikuti tren. Standar operasional mendaki atau arung jeram perlu dipahami demi menjaga keselamatan dan tidak berujung merepotkan banyak orang.

“Paling berkesan saat mendaki Gunung Salahutu. Itu kali pertama saat kuliah dan terkena badai, tim kami sempat sempat tersesat. Nah, di sini pentingnya bisa membaca kompas, survival dan pengetahuan-pengetahuan lainnya yang diperlukan saat mendaki,” ujarnya. (dna/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here