Pesta Miras, Cekcok, Tusuk Rekan

570
OLAH TKP : Sejumlah tersangka dengan pengawalan petugas melakukan rekonstruksi peristiwa penusukan. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
OLAH TKP : Sejumlah tersangka dengan pengawalan petugas melakukan rekonstruksi peristiwa penusukan. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Tiga pelaku pengeroyokan hingga menewaskan pemuda bernama Agung Kurniawan alias Galang, 31, warga Perum Jatisari Absari Mijen, menjalani rekonstruksi. Reka ulang sebanyak 13 adegan ini, korban sempat dipukul dan diinjak-injak sebelum tewas bersimbah darah akibat ditusuk belati di bagian perut.

Reka ulang digelar di lokasi kejadian, persisnya tepi Jalan Raya Perum Dempel Mukti Raya RT. 12/25 Kelurahan Muktiharjo Kidul Pedurungan. Reka ulang digelar Tim Resmob Polrestabes Semarang dan jaksa serta didampingi pengacara korban Rabu (29/11) siang.

Tiga pelaku bernama Arif Afriyanto, 21, warga Kampung Jempono, Mochamad Ridwan, 19, warga Jalan Gangin Raya, Bangetayu Wetan, dan Santoso, 29, warga Bangetayu. Sedangkan peran pelaku penusukan bernama Yanuar alias Klowor, warga Condorejo Ngablak Pedurungan, yang masih buron dilakukan oleh anggota Resmob Polrestabes Semarang.

Tiga pelaku dan saksi kejadian, Oki alias Leker, 31, rekan korban memperagakan reka ulang sebanyak 13 adegan dengan kooperatif. Adegan pertama, enam orang remaja ini datang ke lokasi kejadian mengendarai sepeda motor sambil membawa minuman keras jenis ciu.

Saat asik menenggak miras, tiba-tiba terjadi cekcok tersangka Ridwan dengan korban. Kemudian tersangka Ridwan menarik kerah kaos korban hingga kemudian terjadi pengeroyokan. Tersangka Santoso memukul pipi korban satu kali, dilanjutkan Arif menendang dada korban hingga jatuh tertelungkup.

Tersangka Ridwan yang masih berdiri tiba-tiba membentak seorang warga yang datang ke lokasi. Sementara, Oki yang berangkat bersama korban berupaya melerai. Nahas, saat melerai, tersangka Klowor langsung mengambil pisau yang diselipkan di pingganya dan langsung menusuk Oki, mengenai pipi dan lengannya.

Memasuki adegan ke 8, Klowor menusuk perut korban sebanyak satu kali. Setelah menusuk, Klowor bersama Arif kabur ke arah Ngablak. Tersangka Ridwan yang masih berada di lokasi, kembali memukul kepala korban sekali menggunakan helm.

Tubuh korban yang sudah tak berdaya tersungkur di atas tanah genangan kemudian diseret tersangka Santoso ke tepian jalan dan ditinggal. Selanjutnya, korban Oki langsung diboncengkan Ridwan diapit Santoso pergi mengendarai motor Yamaha Mio.

“Rekonstruksi ini untuk mereka ulang kejadian pembunuhan. Ada 13 adegan yang diperagakan. Saya himbau saudara Klowor untuk segera menyerahkan diri sebelum petugas mengambil tindakan tegas,” ungkap tegas Kanit Resmob Polrestabes Semarang, Iptu Gargarin di lokasi rekonstruksi, Rabu (29/11) kemarin. (mha/zal)