SOSIALISASI : PT JIPA memberikan sosialisasi kepada para siswa kelas XII SMK Citra Medika Kota Magelang Kompetensi Keperawatan, pekan lalu. (IST)
SOSIALISASI : PT JIPA memberikan sosialisasi kepada para siswa kelas XII SMK Citra Medika Kota Magelang Kompetensi Keperawatan, pekan lalu. (IST)

MAGELANG – SMK Citra Medika Magelang Kota Magelang bekerjasama dengan PT JIPA (Japan Indonesia Program Akademik) dalam menyalurkan lulusannya untuk melanjutkan pendidikan keperawatan, sekaligus menjadi pekerja di Jepang. Kemitraan dengan PT JIPA ini baru dimulai pada 2017.

“Kami ingin lulusan Citra Medika lebih mendunia,” kata Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto, Selasa (28/11).

Karena itu, sejak kelas XI, para siswa kompetensi keperawatan mendapatkan pembekalan. Mulai dari pendidikan karakter, praktik kerja lapangan (PKL), hingga penguasaan Bahasa Jepang. “Ketiganya adalah kemampuan yang tidak terpisahkan,” ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri Sri Nuryanto menambahkan, mental merupakan modal besar saat lulusannya yang berkeinginan meningkatkan kompetensi di negeri Sakura itu. Selanjutnya, penguasaan bahasa mendukung komunikasi.

“Saat anak-anak kelas XII Keperawatan mengikuti sosialisasi dari PT JIPA, mereka sangat antusias. Kalau tahun lalu ada 15 anak bekerja di Malaysia, kami harap lulusan tahun ini ada yang bisa ke Jepang,” tuturnya

Para lulusan yang bisa berangkat ke Jepang akan diseleksi oleh PT JIPA. Persaingan penyaringan diklaim kompetitif. “Jika diterima, mereka akan di Jepang selama empat tahun. Dua tahun ikut pelatihan bahasa, kemudian dua tahun fokus pada kejuruan atau kuliah. Namun tiap minggu mereka kerja part time di klinik kesehatan, panti jompo dan pelayanan kesehatan lain untuk mengasah dan meningkatkan keterampilannya.”

PT JIPA merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang konsultan pendidikan juga sumber daya manusia (SDM). PT JIPA memiliki berbagai macam program yang berhubungan langsung dengan lembaga pendidikan dan sekolah ternama di Jepang. Pada Jumat, (24/11) lalu, Direktur PT JIPA Etsuko Fukuoka dan Technical Advisor PT JIPA Hirotsugu Yoshioka berkesempatan melakukan sosialisasi tentang programnya di hadapan siswa- siswi didik SMK Citra Medika Magelang. (ima/put/sct/ton)