LATIHAN UJIAN : Juara try out berfoto bersama usai pengumuman jumlah nilai yang diperoleh. (IST)
LATIHAN UJIAN : Juara try out berfoto bersama usai pengumuman jumlah nilai yang diperoleh. (IST)

MAGELANG – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang menggelar try out perdana dalam rangka USBN SD MI tahun pelajaran 2017/2018. Try out untuk kelas VI SD/MI ini bekerja sama dengan salah satu  bimbingan belajar yang ada di Magelang. Kegiatan yang diadakan pada  Minggu (26/11) di kampus SMP Mutual tersebut diikuti 350 peserta, dari kota dan Kabupaten Magelang. Sambil menunggu pengumuman pemenang, mereka dihibur penampilan siswa-siswi SMP Mutual Kota Magelang.

Tampak wajah-wajah peserta try out cukup tegang.Tegang karena saat itu selain menjajaki kemampuannya dalam kesiapan ujian nasional, juga berkompetisi merebut juara. Selain itu mereka juga senang karena bisa mengikuti try out bersama anak kelas VI se-Kota dan Kabupaten Magelang.

Adapun hasilnya, peringkat pertama diraih Muhammad Adam Setiawan dari SD Al Firdaus Magelang dengan nilai matematika 9,60, bahasa Indonesia 8,40 dan IPA 10,00. Peringkat kedua Ataya Cendana Pambudi dari SD Mutual dengan nilai matematika 9,20, bahasa Indonesia 8,80 dan IPA 10,00. Peringkat ketiga diperoleh dua siswa yaitu Calista Nadif Anindy dan Muhammad Rayhan A dari SD Mutual dengan nilai yang sama yaitu matematika 9,20, bahasa Indonesia 9,20 dan IPA 9,60.

Kepala SMP Mutual Kota Magelang, Wasiun mengatakan try out USBN SD/MI tahun 2017/2018 cukup sukses. Kegiatan ini direspon antusias oleh sekolah negeri ataupun swasta. Bahkan ada salah satu peserta yang datang dari Kendal.

Dia menambahkan try out perdana tersebut dapat membantu pemerintah untuk memotivasi siswa-siswi kelas VI dalam menyongsong USBN tahun 2017/2018. Dengan latihan soal UN tersebut, siswa-siswi diharapkan lebih siap pada saat melaksanakan ujian nasional sehingga mendapat prestasi yang cemerlang. Namun jauh dari hal itu, dengan adanya try out yang bertempat di SMP Mutual, dapat mempromosikan dan mengenalkan siswa-siswi kelas VI agar mengetahui suasana SMP Mutual. Diharapkan mampu tertarik dan masuk di SMP Mutual. (*/ima/ton)