Pelayanan Kesehatan Kali Pertama di Blora

449
SAMBANGI WARGA-Program Baksos PKM bersama Kesdam IV/Diponegoro mengunjungi desa Adirejo. (TAUFIK RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SAMBANGI WARGA-Program Baksos PKM bersama Kesdam IV/Diponegoro mengunjungi desa Adirejo. (TAUFIK RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BLORA-Program Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan Massal (Baksos PKM) Djarum Foundation bekerjasama Kesdam IV/Diponegoro, mengunjungi wilayah desa pinggiran Blora, yakni di Desa Adirejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Kegiatan kali pertama hadir di Kabupaten Blora ini, melayani pemeriksaan kesehatan warga secara cuma-cuma.

Camat Tunjungan Dwi ambang Supriyono, memberikan apresiasi hadirnya baksos tersebut. Karena memudahkan warga memeriksakan kondisinya secara cepat dan dekat. Apalagi kegiatan seperti masih jarang di wilayahnya.“Bapak ibu bisa menyampaikan keluhannya apa. Jadi tidak hanya periksa saat sedang sakit saja, tapi di sini bisa cek kesehatan. Itu tujuannya, bisa menjaga kondisi tubuh. apalagi bagi yang tani (mulai menggarap sawah) pada saat musim tanam sekarang,” jelasnya mengawali kegiatan di Balai Desa Adirejo.

Wadandenkesyah 040403/Salatiga Mayor CKM  Sunarko, mewakili Kakesdam IV/Diponegoro Kolonel CKM dr Nana Sarnadi, memaparkan, TNI sebagai bagian masyarakat berperan aktif membantu masyarakat bidang kesehatan dan lingkungan. Kali ini diselenggarakan dalam rangkaian Hari Juang Kartika Ke-72. “Tahun ini banyak sekali pelayanan kesehatan yang sudah lakukan. Tahun depan kami akan giatkan baksos sanitasi lingkungan. Masih banyak yang perlu bantuan,” paparnya.

Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviendra, mengungkapkan, Baksos PKM Ke-42 ini kali pertama dilangsungkan di Kabupaten Jepara. Selain pelayanan kesehatan, program lainnya adalah Operasi Katarak Gratis (OKG), serta Operasi Sumbing Bibir Gratis (OSB). “Pada 9 Desember besok akan ada OSB di RS NU Demak. Kalau ada penderitanya di Blora, bisa ikut kesana,” imbuhnya. (fiq)