Guru SMP Tertipu Penggemukan Kambing

636

SALATIGA – Jajaran Reserse dan Kriminal Polres Salatiga menangkap pelaku penipuan dan penggelapan uang ratusan juta rupiah. Penipuan bermodus investasi penggemukan kambing sudah berlangsung sejak awal tahun. Dari kasus ini, polisi mengamankan bukti transfer sejumlah uang ke nomor rekening pelaku.

Pelaku yang ditangkap adalah Petra Nene Sekar Lingga, 28, warga Lingkungan Tegalrejo KelurahanBawen Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Korban dalam kasus ini adalah Supantiyono, 59, warga Jalan Melati 4/B Kelurahan Sidorejo Lor Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kejadian bermula saat pelaku menawari korban untuk menjalin kerjasama investasi penggemukan kambing. Pelaku juga mengajak korban ke daerah Jambu untuk melihat kambing dan kandang yang akan diinvestasikan. “Tersangka mengakui bahwa kambing dan kandang tersebut adalah kandang miliknya sendiri hingga akhirnya korban tertarik untuk berinvestasi,” jelas Kasubag Humas Polres Salatiga AKP I Nyoman Suasma.

Model investasinya, pelaku meminta korban untuk membayar pembelian kambing. Hal itu dituruti sehingga korban membayar sampai beberapa kali dengan jumlah yang berbeda-beda setiap kali transaksi. Kemudian kedua pihak membuat surat perjanjian kerjasama yang isinya korban menitipkan domba pada tersangka dengan sistem penggemukan selama 4 bulan.

“Jumlah maksimal penitipan domba 7 ekor domba free 3 ekor, dan setelah 4 bulan ke depan apabila domba mencapai 50 kg/ekor akan dijual dengan harga Rp 4.000.000,” jelasnya.

Tergiur dengan iming – iming hasilnya, korban akhinrya membeli total 45 ekor kambing melalui enam kali transaksi. Korban membayar melalui transfer, tunai bahkan berupa perhiasan emas kepada tersangka dengan total Rp 112.500.000.