TANAM POHON: Para Lansia Paguyuban Jalan Pagi Alun Alun (Jakilun) menanam pohon di Jalan Ahmad Yani Wonosobo dalam gerakan Wonosobo Resik dan Hijau. (IST)
TANAM POHON: Para Lansia Paguyuban Jalan Pagi Alun Alun (Jakilun) menanam pohon di Jalan Ahmad Yani Wonosobo dalam gerakan Wonosobo Resik dan Hijau. (IST)

WONOSOBO– Ratusan warga dari berbagai unsur elemen masyarakat dan instansi, Minggu (26/11) kemarin, melakukan penanaman bersama di Alun-Alun Kota Wonosobo.  Sebelum menanam, mereka menggelar apel bersama. Kegiatan tersebut dalam rangkaian Pekan Lingkungan yang mulai dilaksanakan pada 21-26 November,

Mereka yang terlibat penanaman pohon berasal dari unsur Kodim, Polres, Pemkab, dan komunitas aktivis  lingkungan kawasan Kota Wonosobo. Di antaranya, penggiat lingkungan serta siswa sekolah di kawasan Kota Wonosobo.

Pada kesempatan itu, dilakukan penanaman pohon  di Jalan A. Yani sebanyak 65 pohon sapu tangan, Jalan Kyai Muntang sebanyak 72 pohon angsana, dan Jalan S.Parman sebanyak 35 pohon bungur.  Kepala Seksi  Taman Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo, Endang Susila, menyampaikan, selain penanaman pohon ayoman, juga dilaksanakan penataan pot bunga kawasan kota. Pot-pot tersebut merupakan bantuan dari sejumlah instansi.

Bersamaan dengan kegiatan penanaman, juga dilakukan penyerahan Piala Pradipa kepada Kecamatan Wonosobo yang mendapat predikat terbaik dari 5 ranking penilaian oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat. Selain Kecamatan Wonosobo, kecamatan  yang masuk 5 besar terbaik adalah Kalikajar, Kejajar, Garung, dan Watumalang.

Asisten Pembangunan Sekda Kabupaten Wonosobo, Sumaedi, yang memimpin apel penanaman mengatakan, penanaman pohon di dalam  kota  penting sebagai paru-paru kota. Serta, penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau. Sekaligus, sebagai upaya untuk mewujudkan Wonosobo sebagai Kota Asri dan Kota Adipura.  Hal ini untuk mendukung terwujudnya konsep pembangunan perkotaan secara cerdas, holistik, inovatif, dan partisipasif. Namun, tetap memberikan penekanan pada pembangunan berkelanjutan. (ali/isk)