TV OLED LG Makin Nyaman Ditonton

Teknologi Dolby TrueHD

157
TV OLED LG
TV OLED LG

SEMARANG–LG Elektronik, pabrikan elektronik asal Korea Selatan (Korsel) memberikan apresiasi kepada pengguna TV OLED keluaran 2017 dalam rangka HUT Televisi Dunia. Produsen akan membenamkan teknologi audio tanpa kompresi Dolby ini melalui pemutakhiran firmware yang akan berjalan secara over-the-air.

“Menyatunya teknologi terkini dalam visual dan audio, memantapkan TV OLED LG dalam memberikan pengalaman yang jauh lebih baik. Terutama saat menikmati berbagai hiburan dari sebuah TV,” kata Gloria Mariawaty, Product Marketing Home Entertainment, PT LG Electronics Indonesia, Rabu (22/11) kemarin.

Gloria menjelaskan bahwa keberadaan Dolby TrueHD di dalam TV OLED LG, sebelumnya telah diadopsi dalam penyediaan konten 4K UHD Blu-ray. Tapi kini akan memberikan sensasi audio resolusi tinggi bagi pemiliknya.

Disamping itu, dengan kelengkapan Dolby AC-4 decoding yang merupakan generasi terkini teknologi audio berbasis objek, pemilik TV OLED LG bakal  menikmati sajian audio secara tiga dimensi yang memberinya sensasi layaknya berada di tengah sebuah film dengan suara yang melingkupi keseluruhan ruangan.

Pemutakhiran ini termasuk keberadaan Codec MAT (Metadata-enhanced Audio Transmission). Hal ini membuat pemilik TV OLED LG bakal dapat menikmati audio resolusi tinggi secara nirkabel melalui opsi streaming dan keterhubungan dengan perangkat audio sound bar yang kompatibel.

Sebelumnya, hasil kolaborasi LG dengan Dolby Laboratories telah membawa Dolby Vision™ dan Dolby Atmos™ dalam seri TV OLED LG di 2017. Teknologi Dolby Vision memberikan dukungan pada kemampuan TV OLED LG ini dalam mereproduksi gambar High Dynamic Range (HDR) yang lebih baik dibanding HDR10 yang jamak ditemui pada TV berkemampuan HDR lain.

Kelebihan paling signifikan teknologi Active HDR Dolby Vision dibanding HDR10 ada pada metadata dinamis. Keberadaannya memungkinkan pemrosesan peningkatan gambar lebih pintar yang dilakukan pada tiap adegan untuk memastikan tiap warna tertampil seakurat mungkin pada tingkat kecerahan dan kontras optimal.

Sementara teknologi HDR 10 yang jamak ditemui pada TV berkemampuan HDR lain, hanya menyediakan metadata statis yang memberikan informasi mendasar semacam panduan dalam melakukan pemrosesan gambar untuk seluruh film atau acara TV. Hal ini membuat beberapa adegan tak dapat tertampil dalam warna optimal.

Di sisi lain, Dolby Atmos merupakan teknologi tata suara inovatif yang biasa ditemui pada bioskop kelas premium. Keberadaan teknologi Dolby Atmos pada TV OLED LG terbaru ini membawa dua fitur andalannya yaitu Object Based Sound dan Full 360 Surround Sound. Object Based Sound merupakan kemampuan Dolby Atmos mengenali dan menangkap suara masing-masing objek secara individual dengan kemampuan maksimum 128 objek. Dengan hal ini, suara yang ditangkap diubah menjadi suara tiga dimensi menyesuaikan pergerakan objek dalam adegan.

Melengkapi kepuasan dengar, fitur Full 360 surround sound membuat suara dapat terasa mengalir dari segala arah. Keberadaannya kenikmatan audio yang memperdengarkan tiap adegan pada layar dengan jelas dan ketajaman lebih dalam dari segala arah.

“Dengan seluruh kelengkapan teknologi terkini di dalamnya yang berpadu dengan keunggulan layar OLED dalam reproduksi warna dengan rasio kontras tak terhingga, TV OLED LG menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan konten berkualitas visual dan audio tinggi sesuai dengan visi kreatornya. Inilah sebuah kado istimewa kami menyambut Hari Televisi Sedunia,” ujar Gloria Mariawaty lagi. (tya/bis/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here