Ari Murti Hendro Wardani. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
Ari Murti Hendro Wardani. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

TEMANGGUNG–KPU Kabupaten Temanggung belum menerima pendaftaran dari sosok atau tokoh yang mendaftarkan diri menjadi calon bupati/wakil bupati melalui jalur perseorangan alias independen. “Sampai saat ini, belum ada satupun warga yang mendaftarkan diri, tapi masih ada waktu,” kata Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Divisi Teknis, Ari Murti Hendro Wardani, di kantornya, Rabu (22/11) kemarin.

Ari Murti melanjutkan, hingga saat ini juga belum ada warga yang meminta user name untuk memasukan data pendukung ke Silon (Sistem Informasi Pencalonan) bagi  calon perseorangan. Padahal, sambung Ari, untuk mencalonkan diri melalui jalur perseorangan, harus mengantongi dukungan 43.460 foto kopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). “Sampai saat ini, yang meminta user name untuk login mengisi saja, belum ada,” kata Ari.

Warga yang berniat  maju melalui jalur perseorangan masih mempunyai kesempatan untuk memasukan data ke Silon. Mereka diminta mempersiapkan data sesuai dengan program di Silon dan data fisik untuk verifikasi. “Sangat mungkin, jika sudah ada persiapan yang sudah matang.”

Dikatakan, penyerahan syarat dukungan akan dibuka mulai 25 hingga 29 November. Selama kurun waktu tersebut, bagi bakal calon yang sudah memasukan data dukungan ke Silon, bisa menyerahkan syarat dukungan.

“Kami telah berusaha maksimal melakukan sosialisasi tentang pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan,  ke semua lapisan masyarakat.” Sosialisasi,  di antaranya,  langsung menghadirkan tokoh masyarakat, tokoh agama, media, pemuda serta pelajar. Juga memasang baliho dan pengumuman di beberapa tempat strategis. (san/isk)