Sebulan Lukis Bola Hias di Kota Lama

424
SEMINGGU LAGI : Ratno berusaha menyelesaikan melukis bola di Kompleks Kota Lama Semarang yang sudah dijalaninya selama sebulan ini. (NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SEMINGGU LAGI : Ratno berusaha menyelesaikan melukis bola di Kompleks Kota Lama Semarang yang sudah dijalaninya selama sebulan ini. (NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG—Pemolesan Kota Lama Semarang masih terus digeber, sehingga bisa dinikmati wisatawan dalam negeri maupun turis mancanegara. Karena itulah, tiga pelukis melakukan pengecatan dan pelukisan bola-bola hias di Kompleks Kota Lama Semarang.

“Untuk lukisan bola-bola telah dilakukan sebulan lalu sampai sekarang. Saat ini tinggal melukis, kemudian finishing,” kata salah seorang pelukis, Ratno.

Menurutnya, ada 21 bola-bola di Kompleks Kota Lama yang sebelumnya dibawa dari Pedurungan. Namun karena bola tersebut hanya digelundungkan begitu saja, akhirnya rusak. “Sebenarnya bola-bola itu sudah dilukis, namun karena dibawa ke Komplek Kota Lama hanya digelundungkan begitu saja sehingga menjadi rusak semua,” katanya.

Padahal untuk melukis satu bola, dirinya membutuhkan waktu selama tiga hari. Sehingga untuk melukis bola-bola di Komplek Kota Lama membutuhkan waktu satu bulan. Hal ini karena tempatnya terpencar-pencar. “Untuk pekerjaan ini telah dilakukan kurang lebih satu bulan yang lalu, kami perkirakan selesai Minggu depan,” katanya.

Sementara itu, kendala melukis di media bola, kata Ratno, mengalami kesulita terutama ketika melukis di bagian bawah. Hal itu membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang luar biasa. “Kalau bagian atas tidak masalah, tetapi kalau sudah sampai bawah harus menundukkan kepala. Hal itu kerap membuat sakit di bagian punggung,” imbuhnya. (hid/ida)