Perpustakaan UPGRIS Raih Akreditasi A

562
SIMBOLIS : Rektor Upgris Muhdi secara simbolis menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpusatakaan kepada Kepala UPT Perpustakaan UPGRIS Ambarini di Rektorat Kampus I UPGRIS, kemarin. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIMBOLIS : Rektor Upgris Muhdi secara simbolis menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpusatakaan kepada Kepala UPT Perpustakaan UPGRIS Ambarini di Rektorat Kampus I UPGRIS, kemarin. (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Perpustakaan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Hal ini berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan yang sertifikatnya secara resmi diberikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan Sosialisasi Hasil Pengkajian Bidang Perpustakaan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpusatakaan, di Hotel Plaza Semarang, kemarin. “Keberhasilan Perpustakaan UPGRIS meraih akreditasi A menjadi salah satu bukti nyata keseriusan kita dalam pengelolaan UPT Perpustakaan. Semua administrasi, pelayanan, kerjasama, hingga sarana prasana yang ada sudah terstandar dengan sangat baik,” ungkap Kepala UPT Perpustakaan UPGRIS Ambarini.

Tak hanya itu, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) atau pustakawan yang dimiliki juga terus ditingkatkan. Hasilnya, para pustakawan UPGRIS sering menjadi pemenang dalam lomba pustakawan berprestasi hingga tingkat nasional. “Kita juga sering memberikan banyak pelatihan atau pengabdian mengenai penguatan perpustakaan di sekolah. Tidak hanya Semarang, tapi juga kabupaten/kota lainnya, yang ada di Jateng,” jelasnya.

Sementara, Rektor UPGRIS Muhdi mengapresiasi positif capaian yang berhasil diraih Perpustakaan UPGRIS. Menurutnya, capaian ini tidak mudah, namun merupakan hasil yang maksimal karena diraih dengan kerja keras seluruh jajaran.

Ditambahkan, keberadaan perpustakaan dalam lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi, sangat vital. “Perpustakaan ini menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan keilmuannya,” imbuhnya.

Beragam fasilitas yang ada di perpustakaan juga untuk menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa. Salah satunya, perpustakaan UPGRIS berlangganan jurnal dan e-book yang sering diperlukan oleh mahasiswa untuk memperkuat referensi skripsi atau tugas akhir.

“Sekarang untuk skripsi diwajibkan menggunakan referensi dari jurnal. Masalah yang muncul, jurnal tersebut tidak mudah didapatkan di internet secara gratisan. Maka layanan ini menjadi sangat penting,” tandasnya.

Tercatat jumlah total koleksi buku Perpustakaan UPGRIS sebanyak 22.366 judul, serta e-book mencapai 106.084. Di satu sisi, pihaknya juga terus membangun budaya baca atau literasi di kalangan masyarakat. (tsa/ric)