SIAGA : Ketua DPW PKS Jateng Kamal Fauzi memberikan arahan di hadapan 2.300 peserta pelatihan perempuan siaga PKS Jateng. (ISTIMEWA)
SIAGA : Ketua DPW PKS Jateng Kamal Fauzi memberikan arahan di hadapan 2.300 peserta pelatihan perempuan siaga PKS Jateng. (ISTIMEWA)

SEMARANG – Setidaknya 2.300 perempuan di Jateng dikumpulkan dan digembleng menjadi perempuan siaga. Mereka mendapatkan pelatihan langsung yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng di lapangan utama bumi perkemahan Candrabirawa, Karanggeneng, Semarang.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng Kamal Fauzi mengatakan, perempuan PKS seluruh Jateng disiapkan untuk menjadi perempuan siaga relawan PKS. “Kita sudah masuk dalam siklus musim waspada bencana, Oleh karena itu kita harus bersiap. Pelatihan perempuan siaga ini adalah bentuk persiapan kita,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, Jateng termasuk supermarket bencana. Tak sedikit titik – titik rawan bencana di provinsi ini. Data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setidaknya terdapat 76 zona merah kawasan bencana. Data Dinas PU SDA dan Taru Jateng mencatat, 32 kabupaten/ kota masuk rawan bencana. Kecuali, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kota Tegal. Dari puluhan daerah itu, 1.719 desa di 334 kecamatan berstatus rawan banjir dan 1.594 desa berstatus rawan longsor. “Ini harus diwaspadai karena bencana sudah di depan mata,” ujarnya.

Kamal Fauzi menambahkan perempuan PKS disiapkan untuk membantu relawan PKS ketika bencana terjadi. Diantaranya perempuan Siaga Dapur Umum, Siaga Pemularasan Jenazah, Siaga Trauma Healing, serta Siaga Kecelakaan Ringan dan Rumah Tangga. “Mari disiplinkan diri kita, untuk selalu bersiap siaga melayani masyarakat Jateng. Selalu bersiap melakukan aktifitas – aktifitas organisasi dan mempersiapkan aktifitas sosial kita. Dimanapun pos kita,” tambahnya.

DPW PKS Jateng menyelenggarakan Pelatihan Perempuan Siaga Dasar dengan peserta kader perempuan PKS dari seluruh Jateng. Termasuk beberapa anggota perempuan DPRD dari Fraksi PKS dan istri dari pejabat publik PKS. (fth/ric)