Zaenal Arifin. (DOK RADAR KEDU)
Zaenal Arifin. (DOK RADAR KEDU)

ADA yang tidak biasa dilakukan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, ketika menghadiri merti desa di Desa Kalijero, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Senin (20/11) kemarin. Ya, orang nomor satu di Pemkab Magelang itu mendadak turun dari panggung kehormatan, untuk menari Kubro.

Aksi sang bupati pun, memantik perhatian warga. Bupati turun dari panggung kehormatan, saat kirab seni tari Kubro melintas di depannya. Seketika, Bupati Zaenal mengajak seluruh jajaran Forkompincam untuk turut menari bersama.

Selain menari, Bupati Zaenal juga ikut mengambil sesuatu di gunungan yang lewat di depannya. Bahkan, Zaenal sempat menghentikan gunungan yang membawa olahan hasil bumi berupa getuk.

Kepala Desa Kalijero, Agus Prasetyo, menyampaikan, merti desa di Kalijero kali pertama digelar. “Tujuan kami untuk mengangkat potensi budaya di desa ini.”

Sebelumnya, di Desa Kalijero, belum pernah ada kegiatan kirab budaya. Berkat inisiatif bersama, utamanya para pemuda, maka pemerintah desa sepakat menggelar merti desa. (jpg/isk)