Manfaatkan Sumber Air Hangat

Desa Kandangan, Kecamatan Bawen

335
MASIH ASRI: Lokasi sumber air hangat yang rencananya akan dijadikan pemandian air hangat di dusun Tugusari Desa Kandangan terlihat masih alami. (IST)
MASIH ASRI: Lokasi sumber air hangat yang rencananya akan dijadikan pemandian air hangat di dusun Tugusari Desa Kandangan terlihat masih alami. (IST)

BAWEN – Di Desa Kandangan kecamatan Bawen terdapat sebuah sumber mata air hangat yang masih alami. Oleh warga Desa, terutama warga Dusun Tugusari di mana mata air ini terletak, sumber air ini sudah diberikan salurah berupa pipa paralon agar mudah dimanfaatkan.

”Oleh warga biasanya hanya digunakan untuk cuci-cuci tangan atau kaki. Ada juga yang menggunakan untuk terapi. Memang air hangat kan kalau yang sudah-sudah bisa dugunakan untuk terapi,” ujar Sayiat, Kasi Umum di Desa Kandangan.

Sekdes: Eva Setyorini. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Sekdes: Eva Setyorini. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Sumber air hangat ini terletak di sekitar hutan karet dan tegalan dengan suasana yang masih asri. Potensi ini, oleh Pemeritnah Desa rencananya akan digali sebagai upaya meningkatkan pendapatan warga masyarakat sekitar.

”Saat ini memang belum, tapi suatu saat pasti akan kami kembangkan menjadi pemandian air hangat. Biasanya kan bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit juga, sehingga kami yakin akan menyedot pengunjung. Mungkin nanti bisa ditambah dengan fasilitas lainnya di sekitar sumbernya itu,” jelas pria yang akrab dipanggil Pak Say ini.

Senada dengan Sayiat, Sekretaris Desa Kandangan, Eva Setyorini mengatakan, jika pemandingan air hangat ini dapat berjalan tentu akan berdampak pada perekonomian warga sekitar. Selain dari hasil tiket, warga juga bisa membuka warung untuk menjual kebutuhan dari para wisatawan yang datang. ”Tujuannya memang ke situ. Arahnya untuk meningkatkan perekonomian warga masyarkat,” kata dia kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Eva berharap ada pihak ataupun dinas terkait yang turut memberikan perhatian pada potensi desa Kandangan ini, sehingga upaya peningkatan perekonomian warga sekitar denga mengembangkan destinasi wisata dapat segera terwujud. Dengan adanya dukungan itu, dirinya ingin potensi Desa yang masih tersembunyi ini dapat segera terangkat ke permukaan dan menarik wisatawan ke daerah ini. ”Karena anggaran tahun ini kami fokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Sehingga kami harap ada pihak yang memberikan perhatian,” pungkasnya. (cr4/bas)