Rahmawati Nurul Lailay. (DOKUMEN PRIBADI)
Rahmawati Nurul Lailay. (DOKUMEN PRIBADI)

RAHMAWATI Nurul Laily berhasil meraih juara 1 Lomba Ghina’ Aroby atau menyanyi dalam Bahasa Arab pada Festival Padang Pasir 2017 yang diselenggarakan oleh HMJ Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) UIN Walisongo, belum lama ini. Mahasiswi Prodi Tarbiyah angkatan 2017 ini berhasil mengalahkan peserta lainnya  dari sejumlah kota di Jateng dan DI Jogjakarta.

Dalam lomba tersebut, Laily –sapaan akrabnya– menyanyikan dua lagu berbahasa Arab berjudul Tabassam dan Samani Nabdak.

“Saya lebih mengunggulkan vokal, disamping latihan pelafalan bahasa Arab,” ucap mahasiswi yang kerap menjuarai lomba tilawah, dan menjadi salah satu finalis Duta Wisata Banjarnegara 2016 ini.

Laily mengaku, dalam lomba menyanyi Bahasa Arab ini, aspek yang dinilai meliputi suara, penampilan, lirik lagu, dan pelafalan Arab. “Tidak menyangka akan keluar sebagai juara, karena saya merasa persiapan yang dilakukan sangat singkat,” ucapnya.

Persiapan yang dilakukan, di antaranya latihan dengan mendengarkan musik sambil menghafal liriknya. Ia mengaku sempat merasa kesulitan dengan lirik Bahasa Arab.

“Tapi, saya senang bisa berpartisipasi dalam lomba ini. Banyak pengalaman baru yang saya alami,” ujar gadis yang juga santri Pesantren Mahasiswa Sultan Agung (Pesanmasa) ini.(hid/aro)