MENDONGENG : Mbak Ilpus Wiwik sedang membawakan dongeng persahabatan di depan murid SD Gedawang 02 Banyumanik. (istimewa)
MENDONGENG : Mbak Ilpus Wiwik sedang membawakan dongeng persahabatan di depan murid SD Gedawang 02 Banyumanik. (istimewa)

SEMARANG – Mahasiswa D3 Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadakan kegiatan edukasi kepada siswa SD mengenai bullying dengan tema Be A Buddy Not A Bully di SDN Gedawang 02 Banyumanik, Semarang, Jumat (17/11) lalu.

Kegiatan yang diikuti oleh 42 siswa ini bertujuan menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama, menumbuhkan sikap baik dan belajar menghargai teman. “Harapan kami murid-murid SDN Gedawang 02 dapat termotivasi dan lebih peduli kepada sesama serta tidak melakukan hal-hal yang menyakiti temannya baik fisik maupun perkataan,” ujar Annisa Saumi, Ketua Penyelenggara.

Kanit Binmas Polsek Banyumanik Ipda Indro Lukito, S.KM yang menjadi pembicara dalam acara tersebut menekankan perlunya perhatian yang lebih dari para orang tua dan guru terhadap anak-anak. Hal ini karena banyak pengaruh negatif dari luar yang bisa ditiru para siswa sekolah dasar.

Acara juga menampilkan Mbak Ilpus Wiwik yang mendongeng berisikan pemahaman tentang pentingnya arti sebuah persahabatan dan akibat buruk dari tindakan bullying terhadap teman. Selain itu siswa juga diminta menampilkan kebolehannya dalam bernyanyi di depan teman-temannya.

Ditemui di sela-sela acara, salah seorang penyelenggara menuturkan bahwa akan dibuat “Dinding Harapan” di sekolah. Dinding harapan ini akan diisi dengan harapan setiap anak sekaligus untuk memotivasi mereka agar lebih rajin belajar untuk mewujudkan harapan dan cita-citanya.

Sementara itu salah seorang guru SDN Gedawang 02 berharap mahasiswa bisa datang lagi ke sekolah ini untuk memberikan edukasi yang bermanfaat bagi anak-anak. “Murid disini  sangat senang dengan kehadiran kakak-kakak mahasiswa, karena mendapatkan banyak pengetahuan yang luas dan dapat belajar sambil bermain,” katanya. Acara ditutup dengan membagikan blocknote bertuliskan “Dengan ini diharapkan semua siswa lebih sering memuji temannya”.  (bk/sct)