Asah Kecerdasan Sosial Lewat Outdor Activity

212
SERIUS : Peserta outdoor activity serius mendengarkan pemaparan yang diberikan pada saat kegiatan. (IST)
SERIUS : Peserta outdoor activity serius mendengarkan pemaparan yang diberikan pada saat kegiatan. (IST)

TEMANGGUNG – Pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Seperti yang dilakukan SMP Muhammadiyah Alternatif (Mutual) Kota Magelang dalam rangka menanamkan sikap sosial dan wawasan kemasyarakatan. Siswa didorong untuk memahami dan menambah kecerdasan sosial melalui kegiatan dalam kemasan outdoor activity. Kegiatan yang dilaksanakan 18-19 Oktober 2017 di Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung ini diikuti siswa kelas 7 dan 8.

“Tujuan diselenggarakan outdoor activity adalah upaya meningkatkan kecerdasan sosial siswa melalui interaksi sosial teman sebaya dan masyarakat,” tutur Ketua Panitia Ahmad Haryanto.

Model  kegiatan yang dilakukan dengan menggelar beberapa simulasi permainan (outbond games) baik secara individu maupun per kelompok. “Tujuan utama kegiatan outbound ini disamping untuk bersosialisasi juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan, daya kreativitas, jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, ketelitian dan kekompakan siswa, ujar Kepala SMP Mutual Wasi’un.

Sekretaris Majelis Dikdasmen Suryanto mengatakan, apa yang dilakukan SMP Mutual tidak hanya menarik bagi siswa, tetapi juga akan memberi nilai lebih, utamanya dalam membangun kemampuan soft skill dan karakter siswa. Majelis Dikdasmen mengapresiasi apa yang dilakukan SMP Mutual dengan terobosan baru dalam melaksanakan proses pembelajaran. (ima/ton)

Silakan beri komentar.