AGRESIF : Winger Rifal Lastori mencoba menghindari hadangan bek PSMP, Ade Christian. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
AGRESIF : Winger Rifal Lastori mencoba menghindari hadangan bek PSMP, Ade Christian. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BANDUNG-PSIS Semarang akhirnya sukses mewujudkan ambisi mereka untuk meraih kemenangan di laga kedua babak delapan besar Grup Y Liga 2. Tim berjuluk Mahesa Jenar sukses menang 3-0 atas PS Mojokerto Putra (PSMP) dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu malam (18/11) kemarin.

Tiga gol Mahesa Jenar masing-masing dicetak oleh M Rio Saputra (24), Aldaier Makatindu (44) dan Hari Nur Yulianto (74). Sadar harus menang, Mahesa Jenar tampil agresif sejak awal.

Head coach Subangkit menginstruksikan kepada Haudi Abdillah dkk untuk terus memberikan tekanan kepada PSMP. Hasilnya, di awal babak pertama Mahesa Jenar sukses mencetak tiga peluang manis, meski masih belum membuahkan gol. Aldaier Makarindu yang turun sebagai lone striker benar-benar membuat repot barisan pertahanan PSMP.

Hasilnya di menit ke-24, Mahesa Jenar mampu leading 1-0 melalui gol sundulan M Rio Saputro setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Aldaier Makatindu. Unggul satu gol membuat PSIS semakin termotivasi.

Dominasi lini tengah PSIS yang diisi oleh Ahmad Agung dan Adit Wafa serta Hari Nur di second striker membuat Mahesa Jenar mampu tampil dominan. Di menit ke-44, Aldaier akhirnya mampu menggandakan keunggulan PSIS melalui gol solo run yang sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan PSIS.

Babak kedua PSMP mencoba untuk keluar dari tekanan. Indra Setiawan yang menjadi kunci permainan tim besutan coach Redi Supriyanto mencoba membongkar rapatnya pertahanan PSIS.

Kondisi tersebut membuat pertandingan berjalan dengan tempo yang cukup tinggi. PSIS yang juga berhasrat untuk menambah gol masih belum mengendurkan serangan.

Coach Subangkit juga sedikit mengubah komposisi pemainnya. Winger Andrid Wibawa dimasukkan menggantikan peran Rifal Lastori di sayap kanan. Kemudian bek sayap Nanang Wahyudi juga dimasukkan menggantikan Safrudin Tahar.

Gol tambahan yang ditunggu akhirnya datang juga. Bomber Hari Nur Yulianto yang baru comeback dari cidera berhasil menambah keunggulan Mahesa Jenar menjadi 3-0 setelah memanfaatkan umpan cutback Aldaier. Keunggulan Mahesa Jenar bertahan hingga usai.

Head coach PSIS, Subangkit usai laga mengakui Haudi Abdillah dkk sukses menjalankan strategi yang dia inginkan. Selain itu efektivitas penyerangan Mahesa Jenar juga lebih baik dibanding laga sebelumnya.

SELEBRASI : Punggawa Mahesa Jenar merayakan gol ketiga yang dicetak Hari Nur Yulianto. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SELEBRASI : Punggawa Mahesa Jenar merayakan gol ketiga yang dicetak Hari Nur Yulianto. (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

“Sejak awal, kami instruksikan untuk tampil menekan. Dan akhirnya sukses membuat PSMP sulit berkembang karena anak-anak tampil dengan pressure tinggi,” kata pelatih asal Pasuruan itu.

Kapten PSIS, Haudi Abdillah menambahkan, timnya bermain disiplin sepanjang laga.”Meski di-10 menit terakhir kami sempat kedodoran. Tapi kami tetap bersyukur akhirnya bisa meraih poin penuh,” katanya.

Di kubu lawan, Head Coach Redi Supriyanto mengakui di awal babak pertama timnya sempat memberikan perlawanan untuk PSIS. “Tapi PSIS memang tampil lebih siap daripada kami. Mereka juga berhasil memanfaatkan peluang menjadi gol,” katanya.

Di laga lain, Persebaya sore (18/11) kemarin, berhasil menang 1-0 atas PSPS Riau. Atas hasil tersebut, Persebaya telah memastikan tiket semifinal lebih dulu dan bertengger di puncak klasemen sementara Grup Y dengan raihan 6 poin.

PSIS saat ini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan tiga poin. Sedangkan peringkat ketiga dihuni PSPS Riau dengan raihan empat poin.

Tim Mahesa Jenar bisa memastikan tiket ke semifinal jika berhasil menang atas PSPS (21/11). Sedangkan PSMP dipastikan tersingkir dari persaingan perebutan tiket semifinal, meski masih menyisakan satu laga versus Persebaya (21/11). (bas/ida)