PSI dan Demokrat Belum Penuhi Syarat

304
DIVERIFIKASI: Pendaftaran salah satu parpol calon peserta Pemilu 2019 ke KPU Temanggung pada 13 Oktober 2017 lalu. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
DIVERIFIKASI: Pendaftaran salah satu parpol calon peserta Pemilu 2019 ke KPU Temanggung pada 13 Oktober 2017 lalu. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

TEMANGGUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung sejak 17 Oktober hingga 15 November 2017 telah melakukan verifikasi pada 14 partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019. KPU memeriksa syarat dukungan administrasi berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol.

“Setelah kita lakukan verifikasi administrasi parpol. Dari 14 parpol yang telah mendaftar ke KPU Temanggung, ada tiga parpol yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” ucap Komisioner KPU Temanggung Divisi Hukum Yami Blumut usai menyerahkan hasil verifikasi parpol di Kantor KPU setempat, Jumat (17/11).

Yami menyebutkan, tiga parpol yang berstatus TMS yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat dan Partai Garuda. Ketiga parpol tersebut dinyatakan TMS karena masih kekurangan data. Untuk PSI kurang 86 dari batas minimal data yang harus dipenuhi yakni sebanyak 769. Sedangkan Partai Demokrat kurang 5 dan Partai Garuda belum memenuhi batas minimal tersebut.

“Bagi parpol yang dinyatakan TMS, masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki data mereka. Perbaikan data bisa dilakukan mulai 18 November hingga 1 Desember 2017 mendatang,” ungkap Yami

Yami menjelaskan, data hasil verifikasi parpol sudah diserahkan ke parpol pada 16 dan 17 November. “Kami berharap, parpol yang masih TMS, bisa segera melakukan perbaikan data dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di masa perbaikan,” harapnya.

Sementara itu, ada 11 parpol yang dinyatakan telah memenuhi syarat. Yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Berkarya

Sementara di Purworejo, ada 4 partai yang dinyatakan TMS. Mereka belum bisa memenuhi syarat minimal anggota sebanyak 771 orang.

Ketua KPU Purworejo Dulrokhim menjelaskan, dari 13 parpol yang mendaftar sebagai calon peserta pemilu 2019 di KPU, semuanya mencantumkan daftar pendukung yang TMS, sehingga jumlah dukungannya berkurang. “Namun jika jumlah dukungan yang memenuhi syarat (MS) sudah memenuhi kuota, langsung bisa lolos,” kata Dulrokhim.

Empat parpol yang setelah diverifikasi masih kekurangan bukti keanggotaan adalah Partai Berkarya, PKB, Nasdem dan PSI. Partai Berkarya tercatat baru memiliki dukungan MS sebanyak 124, PKB ada 727, Nasdem tercatat 602 dan PSI baru 549 anggota. “Parpol yang masih belum MS diberi kesempatan untuk memperbaiki selama 14 hari hingga 1 Desember 2017,” kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Purworejo Purnomosidi. (san/ton)

Silakan beri komentar.