Pegawai PN Jalani Tes Urine

312
MENDADAK: Petugas Sat Resnarkoba dan Dokkes Polres Kebumen saat memeriksa urine pegawai PN Kebumen, Jumat (17/11). (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)
MENDADAK: Petugas Sat Resnarkoba dan Dokkes Polres Kebumen saat memeriksa urine pegawai PN Kebumen, Jumat (17/11). (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN)

KEBUMEN – Polres Kebumen secara mendadak menggelar tes urine pada pegawai Pengadilan Negeri (PN) Kebumen, Jumat (17/11) pagi. Tanpa terkecuali, semua pegawai ataupun karyawan PN mengikuti tes untuk mengetahui adanya kandungan narkoba dalam urine atau tidak.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama pimpinan antara Polres Kebumen dengan PN Kebumen. “Kegiatan ini untuk memastikan bahwa para pegawai PN Kebumen benar benar bersih dari narkoba,” kata Titi didampingi Kasat Resnarkoba AKP Hari Harjanto.

Dalam tes itu, Polres Kebumen melibatkan Sat Resnarkoba dan Dokkes Polres Kebumen.

Agar hasilnya maksimal, Polres Kebumen juga menempatkan personel di depan pintu kamar kecil untuk memastikan tidak ada kecurangan saat menuangkan urine ke gelas tes.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Sapto Supriyono mengungkapkan, ada sekitar 60 pegawai, mulai dari hakim hingga tenaga honorer, yang menyerahkan urinenya kepada petugas.

Tes ini dilakukan secara mendadak tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada pegawai. “Ini sebagai antisipasi. Jangan sampai kecolongan,” ungkapnya.

Petugas Dokkes Polres Kebumen Bripka Dian mengungkapkan, pihaknya menggunakan stik narkoba saat melakukan pengecekan. “Hasilnya langsung bisa keluar. Kurang lebih dua menit hasilnya keluar. Semua bersih, tidak ada yang terindikasi menyalah gunakan narkoba,” ungkapnya. (jpg/ton)