Gandeng Anak Muda Awasi Pemilu Via Medos

303
PEMILIH PEMULA: Sejumlah pelajar menandatangi deklarasi pemilu damai pada kegiatan FGD Panwaskab di Hotel Manohara, belum lama ini. (IST)
PEMILIH PEMULA: Sejumlah pelajar menandatangi deklarasi pemilu damai pada kegiatan FGD Panwaskab di Hotel Manohara, belum lama ini. (IST)

MUNGKID—Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Magelang (Panwaskab) menggandeng sejumlah kalangan untuk mengawasi pemilu mendatang. Kali ini, mereka menggandeng kalangan remaja untuk mengawasi pemilu melalui media sosial.

Ratusan remaja dan mahasiswa diajak dalam kegiatan focus group discussion (FGD) di Hotel Manohara Borobudur, baru-baru ini. Hadir dalam acara itu, mantan Ketua Bawaslu RI Bambang Cahya Eka Widodo dan Ketua Panwaskab Magelang, M.Habib Saleh. “Kita ingin mengajak mereka para pemilih muda untuk paritisipasi dalam pemilu,” kata Ketua Panwaskab Magelang, Habib Saleh.

Dikatakan, pemilih partisipasi para pemuda dalam pengawasan pemilu, biasa melalui teknologi. ”Mulai dari sosialisasi, juga turut serta melaporkan jika ada dugaan pelanggaran pemilu yang kerap terjadi seperti kampanye hitam atau money politics menggunakan smartphone,” katanya.

Mereka juga bisa memanfaatkan medsos untuk membantu sosialisasi pengawasan pemilu dan aturan-aturaannya. ”Jika suatu saat nanti ada indikasi pelanggaran, mereka kita arahkan untuk melaporkan ke petugas pengawas terdekat seperti Panwascam.”

Habib menambahkan, kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk Panwaskab Magelang mengajak partisipasi masyarakat—utamanya pemilih pemula— untuk mewujudkan pilkada damai di Magelang. ”Kita lakukan deklarasi Pilkada Damai dengan latarbelakang Candi Borobudur.” (vie/isk)