Bayar Bisa Dicicil 10 Kali, Kecuali di Kalibawang

Ketika PDAM Buka Program Ledeng Murah

332
DIRUT: Retnoningsih. (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)
DIRUT: Retnoningsih. (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)

PT Tirta Aji, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wonosobo kembali membuka pendaftaran sambungan murah. Sasarannya, Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR). Tahun ini, targetnya 3000 sambungan.

DIREKTUR Utama PT Tirta Aji Perusahaan Daerah Air Minum Wonosobo, Retnoningsih, menyampaikan, sambungan murah untuk meningkatkan keterpenuhan kebutuhan air bersih dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). “Tujuannya agar semua rumah tangga bisa menikmati air bersih.”

Pendaftaran, kata Retno, di semua kantor cabang PDAM di Wonosobo. Syaratnya, membawa KTP, Kartu Keluarga (KK) serta membayar pendaftaran Rp 800 ribu. Uang pendaftaran pun bisa dicicil. Awal, cukup menyetor Rp 50 ribu. Sisanya, Rp 750 ribu, dicicil sampai 10 kali, selama 10 bulan. “Jadi, kalau dibagi rata-rata per bulan hanya Rp 75 ribu.”

Untuk wilayah yang mendaftar, kata Retno, sudah bisa memenuhi 14 kecamatan. Kecuali, Kecamatan Kalibawang. Di Kalibawang, masih proses pemasangan jaringan dan baru akan selesai pada 2018. “Untuk persediaan air dari tiap wilayah masih bisa memenuhi lebih dari 3000 sambungan, sehingga kami tetap bisa melayani pendaftara reguler.”

Pendaftaran program ini akan berakhir pada 2 Desember mendatang. Program sambungan ledeng murah mendapatkan subsidi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Model pembiayaannya, PDAM membuka pendaftaran.

Sedangkan dana awal menggunakan penyertaan modal APBD Kabupaten. Setelah semua terpasang, baru dana dari Kementerian PU PR bisa dicairkan. “Jadi, penyertaan modal dari APBD Kabupaten untuk modal kami dalam pembelanjaan pemasangan. Setelah itu diganti dan dikembalikan kepada APBD Kabupaten.” (ali/isk)