TANAM CEMARA : Bupati Wihaji menanam pohon cemara laut untuk menjaga kawasan pesisir agar semakin sejuk suasana di Pantai Jodo Gringsing Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
TANAM CEMARA : Bupati Wihaji menanam pohon cemara laut untuk menjaga kawasan pesisir agar semakin sejuk suasana di Pantai Jodo Gringsing Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG-Sebanyak 320 pelajar yang terdiri atas pelajar SMA 1 Gringsing, SMP 1, SMP 2, SMP 3 dan SMP 4 Gringsing diajak menjaga pesisir laut Gringsing agar lestari. Mereka tergabung dalam Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) yang diluncurkan pada Jambore Pesisir yang digelar di kawasan Wisata Pantai Jodo Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing, Rabu (15/11) kemarin.

Bupati Wihaji menyampaikan, Jambore Pesisir ini merupakan upaya untuk membangun dan meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat dan pelajar. “Kegiatan Jambore Pesisir yang dilakukan di Pantai Jodo merupakan wahana bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk belajar meningkatkan keterampilan sekaligus mempraktikkan secara langsung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir, penanggulangan pencemaran pesisir, dan mitigasi bencana,” ujar Wihaji.

Dikatakan lagi, Gita Laut kali ini dilaksanakan dalam beberapa kegiatan,  yaitu Gerakan Bersih Pantai, penanaman pohon cemara untuk mengatasi abrasi, serta edukasi bagi pelajar. Pohon cemara juga menjadi simbol tanaman bibir pantai yang keberadaannya dapat menambah keindahan pantai.

Garis pantai yang dimiliki Kabupaten Batang membentang sepanjang 73 km dan menurut bupati merupakan kekuatan Batang di sektor wisata pantai.

“Untuk mendatangkan wisata, tidak mudah. Masyarakat harus mempunyai beberapa syarat yaitu yang mudah menerima orang, jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata dan oleh oleh khas serta kuliner daerah tersebut,” ucap Wihaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Kabupaten Batang M Taufiq menambahkan bahwa tujuan jambore pesisir ini adalah salah satu upaya peningkatan sadar bencana pesisir, serta untuk menjamin pemanfaatan yang berkelanjutan tentang pentingnya kawasan pantai.

“Dalam menjaga kawasan pesisir, butuh peran semua pihak. Mulai dari warga hingga pelajar dalam pengelolaan pesisir secara integritas untuk dapat mencegahan bencana,” ucapnya. (han/ida)