Ratusan Penari Pentaskan Topeng Ireng

122
LUWES : Penampilan salah satu kelompok tari topeng ireng di Alun-alun Kota Magelang, Selasa (14/11). (Wiji Kusumaningsih for JP Radar Kedu)
LUWES : Penampilan salah satu kelompok tari topeng ireng di Alun-alun Kota Magelang, Selasa (14/11). (Wiji Kusumaningsih for JP Radar Kedu)

MAGELANG – Ratusan penari dadakan dari institusi pendidikan dan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Magelang beradu luwes membawakan tari topeng ireng di Alun-alun Kota Magelang, Selasa (14/11). Mereka mengikuti Lomba Kesenian Tari Topeng dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Hari Korpri ke-46, dan HUT ke-72 PGRI.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Magelang Agus Sujito menjelaskan, lomba seperti ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. Namun kali ini berbeda dengan melombakan tari topeng ireng. Tahun lalu digelar lomba geguritan dan macapat. “Lomba kesenian dalam rangka untuk mengangkat budaya daerah,” jelas Agus.

Kasi Pembinaan SMP Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Magelang Indah Ekawati menambahkan, untuk peserta Lomba Tari Topeng Ireng adalah siswa tingkat SD, SMP, MKKNP, perwakilan MKKS, SMA/SMK, dan OPD. “Untuk peserta OPD sendiri perwakilan dari Dinas Pendidikan, Satpol PP, Dasperindam. Jumlah peserta Lomba Tari Topeng terdiri dari SMP 14 kelompok, OPD 10 kelompok, dan SD 24 kelompok,” jelas Indah.

Salah satu peserta dari SMPN 2 Kota Magelang Maghfiroh mengatakan, persiapan menghadapi lomba ini termasuk mepet. Ia harus melalui tahap seleksi dari pihak sekolah. “Dari ratusan yang diseleksi, yang diambil berjumlah 15 orang, 10 perempuan dan 5 laki-laki. Untuk latihan sendiri diadakan setiap hari, selesai sekolah sampai pukul 5 sore,” jelas Maghfiroh.

Peserta lainnya dari SMPN 1 Kota Magelang Desta Wulandari mengaku sudah berlatih sangat keras. “Latihan selama satu minggu full setiap hari selama 2-3 jam dengan dilatih oleh Pak Handoko, pelatih Tari. Untuk peserta dari sekolah, dipilih dan diseleksi terlebih dahulu, jadi tidak sembarang siswa bisa ikut lomba ini,” kata Desta. (cr3/mg11/mg12)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here