Pemilik KIA Baru 26 Persen

122

MAGELANG – Hingga kini, tercatat baru 26 persen dari sekitar 30 ribu anak di Kota Magelang yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Magelang menargetkan tahun ini jumlah anak yang memiliki KIA mencapai 50 persen.

Kepala Dindukcapil Kota Magelang Hartoko mengatakan, hingga kini sudah sebanyak 8.000-an anak sudah memiliki KIA. “Sudah cukup banyak yang membuat KIA, jumlahnya sekitar 26 persen dari target kami tahun 2017 yaitu minimal 50 persen dari jumlah anak-anak di Kota Magelang, yang sudah mendapatkan KIA,” kata Hartoko.

Program KIA, menurut Hartoko, salah satu tujuannya adalah untuk memberikan identitas bagi anak-anak berusia 17 tahun ke bawah. Selama ini, anak-anak berusia 17 tahun ke bawah, tidak dihitung sebagai penduduk sehingga mereka sering luput dari sasaran program pemerintah. Keberadaan KIA cukup penting sebab banyak akses sosial termasuk pelayanan publik yang mensyaratkan kartu identitas. Selain itu, kepemilikan KIA adalah bagian dari program pemerintah.

“KIA mempermudah akses seperti dari akses masuk fasilitas publik, akses transportasi baik udara melalui pesawat ataupun darat seperti kereta. Anak-anak yang mendapat beasiswa pun juga dapat mengakses layanan perbankan,” kata Hartoko.

Masyarakat yang hendak melakukan pengurusan dan pencetakan KIA, menurut Hartoko, bisa langsung mendatangi Kantor Dindukcapil Magelang. Pemohon berusia 1-17 tahun atau lewat orangtuanya, bisa membawa syarat akta kelahiran dan juga kartu keluarga. (cr3/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here