Operasi Zebra 1.958 Pengendara Ditilang

143
TEGURAN : Tidak hanya sekedar melakuan penindakan dengan tilang, Satlantas Polres Batang juga hanya menegur pengendara agar tertib berlalu lintas dan berlaku aman bagi pengendara lain. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
TEGURAN : Tidak hanya sekedar melakuan penindakan dengan tilang, Satlantas Polres Batang juga hanya menegur pengendara agar tertib berlalu lintas dan berlaku aman bagi pengendara lain. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Operasi Zebra 2017 yang telah digelar selama 14 hari oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Batang yang berakhir Selasa (14/11). Sedikitnya ada 1.958 pelanggar lalu lintas telah ditilang Satlantas Polres Batang.

Kasatlantas Polres Batang, AKP M Adiel Aristo mengatakan, jenis pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara beraneka ragam. Namun didominasi surat kendaraan. “Cukup beragam pelanggarannya, seperti tidak mengenakan helm, kaca spion, lampu sein, sabuk pengaman, knalpot racing. Namun yang paling banyak tidak melengkapi administrasi kendaraan,” katanya.

Selama 14 hari Operasi Zebra, Satlantas Polres Batang,total telah menilang 1.958 pengendara. Yang terdiri dari pelangaran STNK sebanyak 1.527, SIM 224, pelanggaran sepeda motor 207. Dari sekian pelangaran, total pelanggaran surat menyurat ada 1.371 orang, pelanggaran potensi macet sebanyak 230, potensi kecelakaan ada 357, serta cuma teguran sebanyak 676 pengendara.

Dia menambahkan, pasca Operasi Zebra, pihaknya berharap kesadaran masyarakat dalam berkendara semakin meningkat. “Ketika masyarakat telah disiplin berkendara, maka kami yakin dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas, utamanya di Batang yang memiliki jalur pantura terpanjang,” tuturnya.

Sementara itu, di wilayah Polres Pekalongan Kota, Satlantas setempat selama Operasi Zebra tahun 2017 menggelar berbagai kegiatan yang dibagi dalam tiga hal, Yaitu Preemtif, Preventif dan penindakan.

“Tidak semua kegiatan kami penindakan tilang, kami bagi dari beberapa prosentase kegiatan, yaitu untuk operasi 20 persen, kegiatan Preemtif, 20 persen, Preventif dan sisanya 60 persen baru penegakan hukum,” jelas Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmati Wulandari.

Sementara itu, terkait tindakan ada 1.771 tilang dan ada teguran 1.467. Dikatakan Kasatlantas, kalau dibanding target tilang Operasi Zebra pihaknya sudah mencapi 200 persen , karena target mereka hanya 840 tindakan saja, yang mana disesuaikan dengan petugas Satgasgakum dikali hari kerja. (han/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here