Terjebak Macet, Pencuri Beo Tertangkap

140
PENCURI : Petugas Polres Pekalongan menunjukkan pelaku pencurian beserta barang bukti hasil kejahatannya. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
PENCURI : Petugas Polres Pekalongan menunjukkan pelaku pencurian beserta barang bukti hasil kejahatannya. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

KAJEN- Dua warga Kelurahan Landungsari, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, bernama Rohman, 23, dan Saeful, 26, Minggu (12/11) kemarin, nyaris tewas dihakimi massa karena mencuri burung beo seharga Rp 5 juta, milik Imam Suharjo,39, warga Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Kejadian bermula saat Rohman dan Saeful pulang dari Pemalang, hendak menuju ke Kota Pekalongan dengan mengendarai motor Supra Fit. Saat melintas di Jalan Raya Desa Rembun, tepatnya di depan rumah Imam, pemilik buruh Beo. Kedua pemuda ini tertarik dengan suara burung beo yang terus mengoceh dan berada di halaman rumah.

Setelah diamati tidak ada orang, Rohman berinisiatif mengambil burung tersebut, dan Rohman pun akhirnya memanjat pagar halaman rumah dan mengambil burung Beo tersebut, kemudian dimasukkan ke bagasi motor agar tidak ketahuan.

Kejadian pencurian burung Beo tersebut ternyata dilihat oleh Edi Santoso, tetangga Imam. Spontan Edi pun berteriak maling, akhirnya terjadi kejar-kejaran. Kedua pencuri ini akhirnya tertangkap warga di Jalan Raya Siwalan, tepatnya di depan Pisma Gajah Putra karena terjebak macet. Meski sempat mengelak tidak mencuri, namun warga tidak percaya dan menghajar kedua pelaku.

Setelah diperiksa di Pos Polisi Sipait, kedua pemuda tersebut akhirnya mengaku, dan menunjukkan burung Beo yang disembunyikan di dalam bagasi motor. Beruntung burung seharga Rp 5 juta tersebut masih hidup, keduanya akhirnya dibawa ke Polres Pekalongan.

Rohman ketika diperiksa mengatakan, rencananya burung tersebut akan dijual di Pasar Burung Kota Pekalongan, seharga Rp 2 juta.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Pekalongan, AKP Dahyar mengatakan, petugas berhasil memberhentikan 2 pemuda tersebut di Jembatan Ampel 2 dan petugas menemukan burung ditaruh di bawah jok sepeda motor tersebut. “Pelaku kemudian kami amankan ke Mapolres untuk menghindari amukan massa,” tandasnya. (thd/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here