Perlu Segera Tentukan Sekda

128

SALATIGA – Ketua DPRD Kota Salatiga Teddy Sulistio mendesak Wali Kota Yuliyanto agar segera menetapkan sekretaris daerah. “Saya mendesak Wali Kota untuk segera mendefinitifkan sekda agar tidak menimbulkan tafsir yang tidak sehat. Sudah berapa lama proses pemilihan sekda dilakukan sejak pansel (panitia seleksi) dibentuk,” terang Teddy saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/11).

Dijelaskan dia, terlalu lamanya sekda definitf ditetapkan, akan berpotensi menimbulkan faksi – faksi atau perpecahan di tubuh birokrasi. Dan menurutnya, gejala perpecahan itu memang sudah terlihat di dalam tubuh birokrasi saat ini.

“Pengisian posisi sekda definitif sudah seharusnya menjadi ajang konsolidasi birokrasi, bukan malah sebaliknya. Saya berharap semua tokoh – tokoh masayarakat mendukung sikap wali kota untuk menetapkan pilihannya. Bukan malah mem-bully dengan alasan yang jauh dari semangat ke-Indonesiaan,” papar dia.

Menurutnya, penetapan Sekda merupakan tantangan pertama pasangan Yuliyanto – Muh Haris setelah ditetapkan lagi sebagai kepala daerah. Selain itu, pengisian jabatan di eselon II dan eselon III juga menjadi PR yang harus segera diselesaikan. “Yang penting adalah profesional dan mau bekerja, karena itu adalah kunci utama. Jika tidak segera diselesaikan, kasihan birokrasi dan imbasnya kasihan rakyat,” tandas politisi PDIP itu.

Sebab jika masih dipegang pejabat sementara, komando yang diberikan belum full power. Berbeda jika pejabat sudah definitif yang memiliki kewenangan jelas.

Terpisah, Wali Kota Yuliyanto kembali menegaskan bahwa ia akan memilih pejabat sekda definitif seusai proses pembahasan KUA PPAS 2018. Sebagaimana diketahui, hasil dari tim pansel, ada tiga nama yang muncul sebagai kandidat sekda. Mereka adalah Valentino Haribowo yang kini menjabat sebagai kepala DPKP, Adi Isnanto dan Fakhurroji, keduanya adalah asisten Setda. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here