Perbaiki Akses Pertanian

Desa Kener, Kecamatan Kaliwungu

115
PANEN: Petani Desa Kener saat memanen kacang panjang.
PANEN: Petani Desa Kener saat memanen kacang panjang.

KALIWUNGU – Desa Kener Kecamatan Kaliwungu kebut pembangunan infrastruktur, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan pertanian. Sebab, mayoritas penduduk Desa ini memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Beberapa fokus pembanguan yang dilakukan oleh Desa ini diantaranya adalah pembangunan akses jalan dan saluran irigasi. Dengan upaya ini, sejumlah lahan pertanian yang sebelumnya kesulitan akses, kini sudah bisa dijangkau dengan lebih mudah.

”Sebelumnya ada sawah yang jauh dari jalan utama. Sehingga ketika panen petani harus mengeluarkan dana lebih untuk mengangkut hasil pertanian. Sekarang kita upayakan untuk bisa ada akses, walaupun untuk kendaraan roda dua,” jelas Sigit Heri Nugroho Sekretaris Desa Kener.

Sekdes : Sigit Heri Nugroho. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
Sekdes : Sigit Heri Nugroho. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Selain akses jalan, pembangunan juga dilakukan pada saluran irigasi. Penataan irigasi dilakukan untuk menghasilkan sistem pengairan yang pas. Sehingga tidak ada sawah yang mengalami kekurangan atau kelebihan air yang dapat mengganggu aktivitas pertanian.

”Sekarang sudah kita perbaiki salurannya sehingga semuanya bisa mendapat pasokan air yang pas. Karena hampir semua warga sini adalah petani maka prioritas kami memang pada pembangunan di bidang pertanian,” jelas Sigit saat ditemui di kantornya.

Pembangunan di bidang pertanian ini, lanjut Sigit, merupakan salah satu upaya untuk mengantarkan Desa Kener menjadi lebih mandiri. Pemerintah Desa igin memaksimalkan bantuan dari pemerintah pusat yang cukup besar untuk membuat warga Desa Kener menjadi lebih sejahtera.

”Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan. Kita maksimalkan bantuan yang ada saat ini untuk membuat desa ini mandiri. Sehingga ketika sudah mandiri, tidak ada bantuan pun kita tetap bisa jalan,” kata Sigit.

Selain pembangunan infrastruktur pertanian, upaya peningkatan hasil pertanian juga dilakukan pemerintah desa melalui gapoktan yang ada di Desa. Gapoktan ini, memiliki sejumlah program untuk mendorong kelancaran kegiatan pertanian di Desa yang bersebelahan dengan Desa Pager ini. ”Ada program pengadaan benih, pupuk dan masih banyak lagi,” kata dia.

Ke depan, Desa Kener juga akan membentuk BUMDes yang fokus di bidang pertanian. Sejumlah unit usaha berkaitan dengan pertanian akan dikembangkan untuk melancarkan perputaran roda ekonomi warga desa Kener. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here