Pelajar Perlu Pahami Hukum

113

WONOSOBO – Sedikitnya 175 pelajar SMP dan SMA, mahasiswa, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), pengawas sekolah, guru bimbingan konseling, pengurus Korpri, kepala UPT Dikpora se-Kabupaten Wonosobo mengikuti penyuluhan hukum seputar pernikahan usia dini, bahaya penyalahgunaan narkoba, dan kenakalan remaja di Ruang KRT.Mangoenkoesoemo Setda Wonosobo, Senin (13/11).

Bupati Wonosobo Eko Purnomo berpesan, terbukanya kran teknologi informasi, jika tidak disikapi secara bijak akan berdampak negatif terhadap kondisi psikologis generasi muda. Seperti meningkatnya perilaku merokok pada usia dini, makin tingginya konsumsi narkotika dan zat aditif, serta meningkatnya pergaulan dan seks bebas yang mengakibatkan tingginya angka pernikahan usia dini.

“Oleh karena itu kegiatan penyuluhan hukum ini sangat tepat, di samping sebagai ruang bagi peningkatan derajat kesehatan generasi muda, juga dapat dijadikan sebagai upaya kita bersama untuk membekali, melindungi dan mengarahkan generasi muda,” katanya.

Sembari mengembangkan kreativitas dan inovasinya ke arah positif serta bermakna, kata Eko, pelajar perlu memahami hukum untuk membentuk mental dan karakter anak-anak bangsa. “Di sinilah menjadi penting peranan orang tua, pemuka masyarakat, pemerintah, beserta seluruh stakeholders, termasuk ibu dan bapak guru untuk memberikan suri tauladan serta pendidikan kepada generasi muda kita,” katanya. (ali/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here