Anggota Kodim Tes Urine Mendadak

123
BEBAS NARKOBA : Puluhan anggota personel Kodim 0705/Magelang, Senin (13/11) mengikuti tes urine yang diadakan secara mendadak. (Humas Kodim 0705/Magelang for JP Radar Kedu)
BEBAS NARKOBA : Puluhan anggota personel Kodim 0705/Magelang, Senin (13/11) mengikuti tes urine yang diadakan secara mendadak. (Humas Kodim 0705/Magelang for JP Radar Kedu)

MAGELANG – Untuk mencegah dan meminimalisasi penyalahgunaan narkoba oleh personel TNI, Kodim 0705/Magelang secara mendadak menggelar tes urine terhadap 50 personelnya, Senin (13/11).

Pasi Intel Kodim 0705/Magelang Kapten Inf I Ketut Kukuh AW, Senin (13/11) mengatakan, tes urine dilakukan setelah peronel jajarannya mengikuti penyuluhan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) usai upacara bendera. Kegiatan P4GN ini dilakukan agar para personel Kodim 0705/Magelang baik militer maupun ASN terhindar dari jeratan narkoba.

“Tes urine ini sengaja dilakukan secara mendadak. Sejumlah 50 orang yang terdiri dari perwira, bintara, tamtama dan ASN dipanggil kemudian diberikan gelas plastik untuk diambil urinenya,” jelas Ketut.

Ketut menjelaskan, tes urine diawasi secara ketat oleh personel staf intel dan provost. Sampel urine, kemudian diserahkan kepada petugas dari Sub Instal Patologi RST dr Sudjono Magelang.

“Personel Sub Instal Patologi RST dr Sudjono Magelang di bawah pimpinan dokter Asep Tantula, Sp,P.K, M.M selanjutnya mengecek seluruh urine, dan hasilnya negatif. Dari 50 personel yang kita tes, semuanya negatif,” ujar Ketut.

Kepala Staf Kodim 0705/Magelang (Kasdim) Mayor Inf Suratman menegaskan, jika ada keterlibatan prajurit dalam pelanggaran narkoba adalah akibat dari pergaulan prajurit tersebut. Untuk itu, Suratman mengingatkan agar anggota Kodim harus pintar memilah dalam pergaulan sehari-hari.

Suratman juga berharap, para personel Kodim Magelang agar menghindari dan menjauhi narkoba. “Pelanggaran yang terkait dengan narkoba masuk dalam kategori pelanggaran berat. Tes urine seperti ini akan terus dilakukan pada waktu yang akan datang, agar ke depan anggota Kodim Magelang benar-benar bersih dari narkoba,” tegas Suratman.

Sementara itu, pada akhir pekan lalu, Tim BNN Provinsi Jawa Tengah, menyasar sejumlah tempat hiburan di Kota dan Kabupaten Magelang. Ratusan pengunjung di tiga tempat hiburan, diwajibkan menjalani pemeriksaan penglihatan.

Kegiatan tersebut bagian dari Operasi Bersinar BNN Provinsi Jawa Tengah 2017. Operasi dipimpin oleh Penyidik Madya BNN Provinsi Jateng, AKBP Yuliasih. Tim didampingi anggota TNI dan Polri.

Dari jumlah tersebut, ada sekitar 100 pengunjung yang menjalani proses pemeriksaan urine. “Hasil pemeriksaan urine, negatif semua,” kata Yuliasih usai kegiatan.

Yuliasih menyampaikan, operasi tersebut digelar untuk menekan peredaran narkotika di wilayah Jawa Tengah. Juga menekan angka korban penyalahgunaan narkotika.

Yang menarik, saat menggelar operasi, seorang pengunjung tempat hiburan enggan menjalani proses pemeriksaan urine. Ia justru mengaku sebagai orang BNN. Pengunjung tersebut akhirnya diperiksa. Hasil pemeriksaan, ia bukan orang BNN. Akhirnya, yang bersangkutan mau mengikuti proses pemeriksaan urine. (cr3/mg8/jpg/lis/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here