PWI Demak Beri Penghargaan Tokoh

114
PWI AWARD : Para penerima PWI Demak Award adalah Bupati Demak HM Natsir, Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan, Kabagops Kompol Sutomo, Kodim 0716 Demak, dan medsos Grup Warga Demak yang diwakili Muntoha Ihsan. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PWI AWARD : Para penerima PWI Demak Award adalah Bupati Demak HM Natsir, Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan, Kabagops Kompol Sutomo, Kodim 0716 Demak, dan medsos Grup Warga Demak yang diwakili Muntoha Ihsan. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Demak menganugerahkan penghargaan kepada beberapa tokoh inspiratif di Kota Wali. Ini merupakan kali pertama digelar untuk mengapresiasi kiprah dan peran mereka dalam mewujudkan masyarakat yang partisipatif.

Penerima penghargaan adalah Bupati Demak HM Natsir karena tindakan responsifnya saat ada warga kesusahan. Ketika terjadi kebakaran rumah misalnya, orang nomor 1 di Demak ini langsung turun lapangan memberikan bantuan.

Penghargaan juga diberikan kepada Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan terkait aksi sosialnya di masyarakat. Ia tak sungkan menggendong orang tua yang sedang sakit untuk dibawa ke tempat pengobatan dan aksi simpatik lainnya.

Penerima lainnya, Kabagops Kompol Sutomo. Ia dinilai kreatif dan inovatif sehingga menarik bagi media mainstream maupun media sosial (medsos) untuk memberitakan kreasinya ke publik. Misalnya, Kompol Sutomo pernah berperan sebagai Raja Salman dan Presiden Barack Obama dalam mengenalkan program kepolisian. Karena itu, selalu ada ide baru untuk berkreasi.

Penghargaan juga diterima Kodim 0716 Demak selaku mitra dan lembaga yang intensif mengirimkan rilis pemberitaan ke email para pekerja media. Selain itu, Kodim Demak pernah meraih juara 1 nasional dalam lomba TMMD. Rilis kegiatan ini digawangi bagian Humas Kodim di bawah kendali Ma’ruf.

Terakhir, penghargaan diterima grup medsos warga Demak yang dikendalikan Muntoha Ihsan. Kader GP Ansor Kecamatan Karanganyar ini menjadikan grup Warga Demak bisa saling bersilaturahmi dengan tidak mengenal tempat. Mereka yang ada di luar negeri maupun luar Jawa yang berasal dari Demak bisa saling berinteraksi lewat medsos grup tersebut.

Bupati Demak HM Natsir mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi PWI Demak yang telah memberikan penghargaan serta semangat para pejabat publik untuk berkreasi dalam mensejahterakan masyarakat. “Kami berharap PWI Demak terus kreatif mendorong pembangunan di Demak melalui pemberitaan yang positif,” ujarnya.

Kapolres Demak, AKBP Sonny Irawan mengatakan bahwa penghargaan PWI Demak membuatnya makin dekat dengan wartawan. “Selama saya bertugas di berbagai daerah, baru kali ini mendapatkan penghargaan dari teman teman wartawan dari PWI Demak. Yang saya rasakan, wartawan di Demak selalu bisa membuat kami dekat dan banyak ide baru yang dapat dilakukan kepolisian untuk masyarakat,” ujarnya.

Kompol Sutomo mengatakan, wartawan merupakan temannya setiap hari. Mereka bisa memberikan solusi sehingga banyak hal dapat dilaksanakan kepolisian. Muntoha Ihsan mewakili Grup Warga Demak menyampaikan bahwa tidak mudah mengelola grup publik karena banyak warga yang mengaksesnya. “Banyak hal yang disampaikan ke grup termasuk hal sepele,” ujarnya.

Ketua PWI Demak Hasan Hamid melalui Sekretarisnya, Wahib Pribadi mengatakan, PWI Award dinilai penting untuk mengapresiasi apa yang telah diperbuat para tokoh yang berdampak langsung bagi masyarakat Demak. “Ini akan menjadi tradisi yang baik bagi PWI ke depan,” katanya.

Usai PWI Award, kegiatan dilanjutkan dengan bedah buku Adab Jurnalistik oleh penulisnya, Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud yang kemudian dilanjutkan dengan orientasi jurnalistik oleh para pejabat teras PWI Jateng. “Adab jurnalistik tidak semata persoalan teknis saja, namun soal etika dalam berkarya jurnalistik,” ujar Amir. (hib/sct/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here