Program OKG Layani 35 Pasien Katarak

100
KALI KETIGA-Program Operasi Katarak Gratis (OKG) Djarum Foundation kali ketiga yang dilaksanakan di Wisma Rukti, Kebumen, Minggu kemarin. (IST)
KALI KETIGA-Program Operasi Katarak Gratis (OKG) Djarum Foundation kali ketiga yang dilaksanakan di Wisma Rukti, Kebumen, Minggu kemarin. (IST)

KEBUMEN-Program Operasi Katarak Gratis (OKG) Djarum Foundation bersama Yayasan Bina Netra Jogja (YBNJ) di Rumah Sakit (RS) Wisma Rukti Kebumen, Minggu (12/11), berhasil melayani 35 pasien katarak. Sebelumnya, kegiatan OKG kali ketiga bersama Djarum Foundation di rumah sakit tersebut menerima 65 pendaftar.

Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation Rudy Djauhari mengatakan, program ini bertujuan mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Katarak masih merupakan penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia. Operasi Katarak Gratis atau OKG ini membantu pemerintah dan Perdami menurunkan jumlah penderita kebutaan akibat Katarak,” jelasnya.

Selain itu, Rudy Djauhari berharap, para pasien akan kembali melihat dan beraktivitas ataupun bekerja. “Semoga beban penderita katarak diringankan, segera kembali produktif menjalani kehidupannya,” imbuhnya.

Direktur RS Wisma Rukti dr Dharma Juang Bakti menuturkan, dari pendaftar tersebut, setelah dilakukan screening, hanya 35 pasien dinyatakan layak operasi. “Prosedurnya pendaftaran kemudian seleksi/screening. Ini memastikan kondisi penderita dan kematangan katarak untuk operasi. Kami juga berikan sosialisasi penanganan pascaoperasi katarak,” jelasnya mengawali kegiatan.

Kepala YBNJ dr M Eko Prayogo SpM menguraikan, penyakit katarak muncul seiring bertambahnya usia. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh pola hidup dan kondisi lingkungan. Seperti banyaknya paparan sinar ultra violet dari matahari masuk ke mata.

“Kami berusaha menekan serendah mungkin pertumbuhan penderita katarak, antara lain dengan segera menangani yang sudah akut atau kataraknya matang,” jelasnya di sela operasi. (fiq/bis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here